Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CDP Wakili Indonesia di Konferensi Pelabuhan Se-Asean

Cikarang Dry Port, pelabuhan darat yang dikelola PT Cikarang Inland Port, menjadi satu-satunya perwakilan asal Indonesia dalam konferensi pelabuhan dan pelayaran terbesar di Asean, yakni ASEAN Ports and Shipping 2017.
Pintu gerbang Cikarang Dry Port/Ilustrasi
Pintu gerbang Cikarang Dry Port/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Cikarang Dry Port, pelabuhan darat yang dikelola PT Cikarang Inland Port, menjadi satu-satunya perwakilan asal Indonesia dalam konferensi pelabuhan dan pelayaran terbesar di Asean, yakni ASEAN Ports and Shipping 2017.

Acara tahunan tersebut kali ini diadakan di Yangoon, Myanmar, pada 6—7 Juli 2017. Konferensi itu menampilkan 30 pembicara tingkat dunia yang ahli di sektor pelabuhan dan pelayaran. Salah satu topik pembicaraan dalam konferensi tersebut terutama terkait peluang dan tantangan pada transportasi global dan logistik ke depan.

Benny Woenardi, Managing Director Cikarang Dry Port, yang menjadi pembicara dalam konferensi itu mengatakan ke depan tantangan di industri pelabuhan dan pelayaran akan semakin berat, tapi sekaligus menjadi peluang.

“Di konferensi itu, Cikarang Dry Port diundang untuk memberikan gambaran peran dry port di Cikarang dalam mendukung konektivitas intermoda di Indonesia. Di Asean, baru Indonesia yang memiliki dry port yang terhubung langsung dengan pelabuhan internasional,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (10/7/2017).

Selain itu, menurut Benny, kehadirannya dalam acara tersebut untuk sharing kepada para pelaku bisnis pelabuhan dan pelayaran, baik itu perusahaan pelayaran, pemilik kargo, importir/eksportir.

Termasuk juga perusahaan logistik, perusahaan operasi terminal, kereta api, dan perusahaan layanan pelabuhan dari berbagai negara di Asean mengenai bisnis dry port.
Terkait dengan peran Cikarang Dry Port, pelabuhan darat yang dikelola PT Cikarang Inland Port ini diklaim mampu membantu pemerintah untuk mengatasi masalah bongkar muat barang (dwelling time) di pelabuhan menjadi 1,63 hari.

“Awalnya bisnis dry port ini banyak yang meragukan, tapi dalam usia kami yang baru lima tahun sudah tumbuh cukup tinggi. Setiap tahun rata-rata tumbuh hingga 30%,” tuturnya.

Untuk menghadapi tantangan ke depan, Cikarang Dry Port kini tengah mengembangkan konsep smart port untuk mempercepat dan mempermudah distribusi barang.

Pada awal Mei, Cikarang Dry Port telah menerapkan sistem gerbang otomatis (auto gate system), e-DO, e-Biling and e-Payment dalam satu atap terhubung dengan sistem pelayanan kepelabuhan, Bea Cukai dan karantina serta bank.

Menurut Benny, saat ini pengembangan smart port di Cikarang Dry Port mulai terlihat bentuknya. Konsep ini akan semakin mempermudah pengguna jasa dalam melakukan aktivitasnya di Cikarang Dry Port.

Selain itu, Cikarang Dry Port juga sudah menerapkan sistem electronic delivery order (e-DO) dengan beberapa pelayaran yang membuka jasa di pelabuhan darat ini.

Sistem ini dapat langsung mengidentifikasi bila importir telah menyelesaikan administrasi dengan pelayaran tanpa perlu membawa dokumen e-DO secara langsung. Bila semua layanan itu digabungkan akan jauh mempermudah dan mempercepat proses pengeluaran barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper