Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musim Lebaran 2017, AP I Prediksi Penumpang Naik 14,12%

PT Angkasa Pura I memprediksi arus penumpang yang melalui 13 bandara yang dikelola perseroan mencapai 7,15 juta orang sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2017.
Dua pesawat terbang berada di landasan pacu Bandara Ngurah Rai, Bali/Antara-Wira Suryantala
Dua pesawat terbang berada di landasan pacu Bandara Ngurah Rai, Bali/Antara-Wira Suryantala

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I memprediksi arus penumpang yang melalui 13 bandara yang dikelola perseroan mencapai 7,15 juta orang sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2017, tumbuh 14,12% dari periode yang sama tahun lalu.

Pada periode tersebut, BUMN itu juga memperkirakan arus pergerakan pesawat tumbuh 11,49% dengan total trafik mencapai 53.262 pesawat dari periode yang sama tahun lalu 47.771 pesawat.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Danang Baskoro mengatakan perseroan siap melayani para penumpang sebaik-baiknya guna mendukung program pemerintah dalam melancarkan arus mudik dan balik Lebaran 2017.

“Kami akan menyelenggarakan Posko Angkutan Udara Terpadu Lebaran 2017 di 13 bandara dengan menggandeng berbagai pihak seperti TNI, Polri, Otoritas Bandara, AirNav Indonesia, Basarnas, maskapai dan lainnya,” katanya pada Selasa (20/6/2017).

Hingga pelaksanaan posko pada hari ketiga atau 18 Juni 2017, AP I mencatat jumlah pergerakan trafik pesawat mencapai 7.974 penerbangan dengan total penumpang 915.483 penumpang.

Posko Angkutan Lebaran 2017 dilaksanakan mulai 15 Juni (H-10) sampai dengan 11 Juli 2017 (H+15). Puncak arus mudik diprediksi mulai terlihat pada H-3. Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H-4 hingga H+6.

Sebagai bentuk kesiapan pelayanan menghadapi lonjakan penumpang pada masa angkutan Lebaran 2017 ini, Danang menambahkan AP I juga menginisiasi kampanye Ramadan bertajuk Bandara Aman, Mudik Nyaman.

Dalam kampanye itu, AP I akan menggelar berbagai kegiatan mulai dari pembagian takjil gratis, penambahan alat sholat di seluruh mushola dan masjid yang ada di bandara, penyiapan kursi candangan, live music, dan lain sebagainya.

Danang berharap dengan kampanye itu dapat membuka saluran komunikasi langsung dengan para penumpang, baik melalui layanan contact center 172 dan seluruh komunikasi AP I di media sosial.

“Selain untuk meningkatkan kegiatan pelayanan di bandara, kampanye ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi sosial yang dilakukan pada tingkat korporat maupun cabang bandara,” tuturnya.

Extra flight

Pada masa angkutan Lebaran 2017 ini, Danang mengungkapkan sebanyak 1.732 penerbangan tambahan (extra flight) atau setara dengan 309.803 kursi tambahan akan masuk ke 10 bandara AP I.

Untuk mengantisipasi penerbangan ekstra itu, AP I berencana memperpanjang jam operasi bandara. Dari 10 bandara yang mendapatkan extra flight, hanya empat bandara yang disiapkan untuk beroperasi selama 24 jam.

Keempat bandara itu, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Ali, Bandara Juanda Surabaya. Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, dan Bandara Ahmad Yani Semarang. Sementara itu, bandara lainnya hanya disiapkan untuk standby beroperasi 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper