OLX Cetak Rekor Baru

Awal tahun 2017 menjadi angin segar bagi platform iklan baris online, OLX Indonesia. Pasalnya, sejak OLX meluncurkan tampilan baru, Februari 2017, jumlah pengguna OLX terus meningkat.
Mia Chitra Dinisari | 17 Juni 2017 22:25 WIB
Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian (kanan), disaksikan Head of Marketing CommunicationTunas Group Rahmanda Rizki memberikan penjelasan peluncuran program AmazingSeller bersama Tunas Toyota di Jakarta, Jumat (17/2). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Awal tahun 2017 menjadi angin segar bagi platform iklan baris online, OLX Indonesia. Pasalnya, sejak OLX meluncurkan tampilan baru, Februari 2017, jumlah pengguna OLX terus meningkat.

Saat ini terdapat 23 juta pengguna aktif setiap bulannya, dengan peningkatan sebesar 15% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Peningkatan ini didominasi oleh pengguna yang mengakses OLX melalui aplikasi Android dengan jumlah mencapai 1,1 juta pengguna setiap hari.

Chief Operation Officer (COO) OLX Indonesia, Doan Lingga memberikan komentarnya mengenai kenaikan jumlah pengguna ini. “Keputusan yang kami buat untuk mengubah tampilan OLX memberikan dampak positif pada kenaikan jumlah pengguna OLX,” ujarnya dalam siaran persnya.

“Apalagi, di antara pengguna baru tersebut, kami melihat adanya kenaikan jumlah pengguna perempuan dan anak muda, seperti yang kami inginkan,” Doan berkomentar, mewakili OLX Indonesia.

Di tahun 2017, motor Honda, handphone Samsung dan iPhone menjadi barang-barang yang paling banyak dicari oleh pengguna, di platform OLX. Bahkan, kata kunci Honda muncul sebanyak 5,5 juta kali sepanjang 27 Mei – 13 Juni 2017. Sementara, Samsung muncul sebanyak 3,5 juta kali dan iPhone sebanyak 3 juta kali, pada periode yang sama.

Pencapaian positif tersebut didukung oleh semakin populernya barang bekas sebagai alternatif pilihan oleh masyarakat. OLX yang sejak awal konsisten mendorong adanya transaksi barang bekas, melihat hal ini sebagai sebuah kemajuan. Masyarakat semakin berpikiran terbuka dan mampu melihat nilai positif dan ekonomis dari barang bekas. Lebih lanjut, Doan mengatakan bahwa jual-beli barang bekas juga dapat memberikan dampak positif dari segi lingkungan.

Pada bulan Ramadan tahun ini, geliat aktivitas jual-beli di OLX sudah mulai terlihat pada H-30 sebelum Lebaran, yaitu sejak awal Bulan Ramadan. Hal ini terlihat sangat jelas pada Kategori Fashion dan Mobil. Sementara itu, pada Kategori Elektronik dan Gadget, geliat yang sama umumnya terlihat pada H-15 Lebaran.

Transaksi selama Ramadan ini, diprediksi akan melambat pada hari kelima jelang Lebaran. Namun demikian, data OLX mencatat bahwa khusus Kategori Lowongan dan Jasa, transaksi akan kembali meningkat dengan cepat, lima hari setelah Lebaran. Hal ini terjadi karena banyak orang yang mencari pekerjaan di sektor informal, seperti sopir, pembantu rumah tangga, atau pegawai toko.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
olx

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top