Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PGN Optimalkan Pemanfaatan Gas Bumi di Jawa Tengah

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. berkomitment memperluas jaringan gas bumi untuk segala segmen di Semarang, Jawa Tengah
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis,com, SEMARANG—PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. berkomitment memperluas jaringan gas bumi untuk segala segmen di Semarang, Jawa Tengah.

"Kami akan terus berupaya untuk memperluas pemakaian gas bumi di Jateng untuk meningkatkan daya saing produk dan layanan di mana gas bumi terbukti sebagai energi ramah lingkungan dan bersaing secara harga," kata Sales Area Head Semarang Heri Frastiono, dikutip dari siaran resmi perseroan, Jumat (2/6).

Untuk wilayah Jawa Tengah, emiten pelat merah bersandi saham PGAS itu kini memasok sekitar 1.170 rumah tangga, dan 13 pelanggan industri di kawasan Wijaya Kusuma dan Tambak Aji.

Saat ini PGN di Jawa Tengah terus berkomitmen untuk menghadirkan gas bumi melalui infrastruktur pipa sepanjang lebih dari 30 km dan Pipa Transmisi Kalimantan - Jawa sepanjang 207 km offshore untuk melayani PLTGU Tambak Lorok di Semarang.

Selain itu fasilitas Pressure Regulating Station di Tambak Aji diklaim perseroan masih sanggup untuk melayani kebutuhan gas bumi di Jateng. 

Menurutnya, perseroan pun tengah mengemban tugas dari Kementerian ESDM dalam menyalurkan lebih banyak gas ke pasar rumah tangga.

"Proyek ini merupakan penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Tahun ini, PGN juga ditugaskan membangun jaringan gas bumi rumah tangga sebanyak 26.000 sambungan. Lokasinya tersebar di Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Bandar Lampung, DKI Jakarta dan Kota Mojokerto," ujarnya.

Total di seluruh Indonesia PGN menyalurkan gas bumi secara langsung ke pelanggan domestik mencapai 168.973 pelanggan, dengan rincian lebih dari 165.392 pelanggan rumah tangga, 1.929 pelanggan sektor UMKM, komersial, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.652 industri manufaktur berskala besar dan pembangkit listrik.

Selain di Jawa Tengah, PGN sedang mengerjakan proyek pipa distribusi gas Sumatera Tengah sepanjang 123 km, pipa laut dan fasilitasnya untuk kepulauan Riau sepanjang 5 km, serta beberapa pengembangan jaringan infrastruktur gas lainnya seperti di Jawa Barat dan Surabaya . 

Dalam waktu dekat PGN juga akan menyalurkan gas bumi ke beberapa rumah susun di DKI Jakarta. Heri menambahkan, tak hanya agresif memperluas infrastruktur gas bumi, PGN juga terus mengembangkan berbagai produk gas bumi, seperti GasKita, Sinergi, dan GasKu.

"GasKita adalah produk PGN yang memberikan solusi energi gas bumi terintegrasi untuk pelanggan Rumah Tangga dan Usaha Kecil, sedangkan Sinergi dikhususkan untuk pelanggan Komersil dan industri, sedangkan GasKu untuk memberikan solusi gas bumi untuk pelanggan transportasi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper