Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Genjot UKM, LPDB Gelontorkan Dana Bergulir di Babel

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM menyosialisasikan program dana bergulir di Hotel Novotel, Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (22/5/2017). LPDB diharapkan mampu menggenjot pertumbuhan koperasi UKM di Bangka Belitung.
Syafri Ario
Syafri Ario - Bisnis.com 22 Mei 2017  |  13:26 WIB

Bisnis.com, PANGKALPINANG — Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM menyosialisasikan program dana bergulir di Hotel Novotel, Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (22/5/2017). LPDB diharapkan mampu menggenjot pertumbuhan koperasi UKM di Bangka Belitung.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi dan UKM Kemas Danial mengatakan, dana LPDB-KUMKM hingga saat ini sudah digulirkan sebanyak Rp8,18 triliun, namun Babel masih sangat kecil dalam penyaluran dana dari LPDB sekitar Rp18 miliar yang sudah digulirkan di Babel.

Menurut Kemas, dana yang disiapkan LPDB-KUMKM merupakan dana bergulir kredit lunak dan bukan dana hibah sehingga harus dikembalikan oleh KUKM. Bunga kredit dana bergulir ini sangat kecil cuma 0,3% per bulan untuk sektor simpan pinjam, sedangkan untuk sektor rill disiapkan dengan bunga kredit 0,2% per bulan.

"Kami mengharapkan agar masyarakat Babel terutama pengelola koperasi dan UKM mendapat pemahaman yang baik bagaimana cara mendapatkan bantuan dana bergulir tersebut dan bagaimana mengelolanya. Selama ini penyaluran dana LPDB-KUMKM tidak gencar disosialisasikan supaya tidak menggangu penyaluran dana KUR dari pemerintah," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi provinsi Kepulauan Bangka Belitung Happy Hadiastuty mengatakan, kerja sama antara LPDB-KUMKM dengan Kejaksaan adalah langkah yang tepat, karena dalam melaksanakan tugasnya sangat mungkin LPDB- KUMKM menghadapi permasalahan hukum.

"Kejaksaan sebagai pengacara negara dapat mewakili pemerintah atau lembaga negara termasuk LPDB yang memang merupakan lembaga pemerintah yang bertugas menyalurkan pinjaman pembiayaan dana bergulir kepada KUMKM," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm babel
Editor : Surya Mahendra Saputra
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top