Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RESOLUSI SAWIT EROPA : Italia Beri Sinyal Dukung Indonesia

Pemerintah Italia memberi sinyal untuk mendukung Indonesia perihal negosiasi kebijakan crude palm oil (CPO) dengan parlemen Eropa.
Pabrik CPO/Antara
Pabrik CPO/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Italia memberi sinyal untuk mendukung Indonesia perihal negosiasi kebijakan crude palm oil (CPO) dengan parlemen Eropa.

Hal tersebut dikatakan Menteri Pembangunan Ekonomi Italia Carlo Calenda saat melakukan kunjungan kehormatan ke Kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin (15/5/2017).

"Kami siap untuk mendukung Indonesia, tentu dengan mempertimbangkan posisi di Uni Eropa," katanya, di Kantor Wakil Presiden, Senin (15/5/2017).

Sebagaimana diketahui, Parlemen Eropa meloloskan resolusi yang terangkum dalam Report on Palm Oil and Deforestation of Rainforests pada Selasa (4/4/2017).

Resolusi tersebut merekomendasikan penyetopan impor kelapa sawit secara bertahap karena dituduh memicu deforestasi dan ekses negatif lainnya di sektor lingkungan, sosial, dan hak asasi manusia.

Calenda memahami bahwa isu perdagangan CPO ini termasuk hal yang sensitif bagi Indonesia yang mengandalkan ekspornya dari komoditas tersebut.

"Juga untuk para tenaga kerja. Jadi kita harus mempertimbangkan hal tersebut dan menurut kami soal ini harus diselesaikan dalam konteks free trade agreement (FTA),"katanya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa pemerintah Italia siap mengkomunikasikan posisi Indonesia ke parlemen Eropa dengan salah satu pertimbangannya guna memuluskan perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dan Uni Eropa.

"Mereka akan bantu untuk sampaikan ini [ke Uni Eropa], karena ini akan menggangu perundingan CEPA Indonesia-Eropa yang sedang dalam proses," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper