Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Targetkan Kementan Tanam 1 Juta Ha Jagung di Perkebunan Sawit

Presiden Joko Widodo --Jokowi -- menargetkan Kementerian Pertanian untuk menanam jagung di areal satu juta hektar pada 2017 di seluruh lahan perkebunan sawit.
Petani jagung/JIBI-Maulana Surya
Petani jagung/JIBI-Maulana Surya

Bisnis.com,  KUALA PEMBUANG, Kalteng - Presiden Joko Widodo --Jokowi -- menargetkan Kementerian Pertanian untuk menanam jagung di areal satu juta hektar  pada 2017 di seluruh lahan perkebunan sawit.

"Ya kita diberi target oleh Presiden Joko Widodo untuk melakukan tanam jagung seluas satu juta hektar di lahan perkebunan sawit," kata Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Junaedi saat berkunjung ke Desa Baung, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Minggu (19/3/2017).

Ia mengatakan  program integrasi jagung-sawit memiliki banyak keuntungan bagi petani sawit, karena selama periode sawit tersebut belum produktif yakni sampai umur 3-4 tahun, maka petani sawit dapat memiliki penghasilan tambahan dari tanaman jagung.

Kemudian, selain memaksimalkan pendapatan usaha tani, dengan menanam jagung sebagai tanaman sela, maka petani dapat memaksimalkan lahan kosong pada perkebunan sawit.

"Keuntungan dengan adanya tanaman sela yaitu efisiensi pemanfaatan lahan usaha tani, produktivitas dapat lebih meningkat, pendapatan petani juga lebih meningkat," katanya.

Terkait kepastian pemasaran, Kementan melalui Direktur Jenderal Ketahanan Pangan telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) pusat untuk pembelian jagung yang dihasilkan petani.

"Jadi petani tidak perlu khawatir untuk masalah pemasaran jagung, selain itu harganya stabil yakni Rp3.700 per kilogram di tingkat petani," katanya.

Ia menambahkan, target perluasan tanaman jagung oleh pemerintah nantinya juga akan disertai dengan meningkatnya penyediaan sarana penunjang seperti pupuk, bibit serta alat-alat pertanian bagi para petani.

"Intinya kita akan berupaya agar program integrasi jagung-sawit dapat berjalan baik dalam rangka membangun swasembada serta meningkatkan produksi jagung di Tanah Air," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper