Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hyundai Rotem Pemenang Tender Rolling Stock LRT DKI Jakarta

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan telah memilih perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai Rotem, sebagai perusahaan pemenang tender pengadaan rolling stock untuk proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) DKI Jakarta.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 02 Februari 2017  |  23:20 WIB
Hyundai Rotem Pemenang Tender Rolling Stock LRT DKI Jakarta
Suasana pembangunan Proyek Light Rail Transit (LRT) di samping jalan Tol Jagorawi di kawasan Cililitan, Jakarta Timur, Minggu (8/1). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan telah memilih perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai Rotem, sebagai perusahaan pemenang tender pengadaan rolling stock untuk proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) DKI Jakarta.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Satya Heragandhi mengatakan Hyundai Rotem terpilih sebagai pemenang tender P103 (pengadaan rolling stock) diantara sekitar lima vendor produk tersebut yang diundang untuk turut lelang.

"Iya, setelah melalui proses market sounding, dan dari berbagai produsen, yang bisa menepati jadwal produksi, ya perusahaan Korea ini, Hyundai Rotem," jelasnya, kepada Bisnis, Kamis (2/2).

Menurutnya sejumlah vendor rolling stock dari berbagai negara telah diundang untuk turut berpartisipasi dalam tender, seperti Korea, Prancis, Spanyol, Cina, dll. Namun, dari sekian banyak vendor, sebagian besar menolak karena merasa tidak sanggup memenuhi deadline yang diberikan Jakpro.

"Proyek ini kan harus bisa selesai sebelum digelarnya Asian Games 2018. Targetnya kan Agustus 2018 harus sudah ada rolling stock, dan mayoritas tidak bisa deliver sebelum itu," ujarnya.

Pasalnya waktu yang diperlukan untuk menghadirkan rolling stock bisa mencapai 24 bulan, sementara waktu yang ada saat ini hingga Asian Games 2018 tidak sebanyak itu.

"Maka kita cari vendor yang produknya sudah ada dan bisa dimodifikasi, sehingga tidak memerlukan waktu yang panjang," ujarnya.

Kebetulan, kata Satya, Hyundai Rotem juga sedang menggerjakan rolling stock pesanan Gimpo Line. "Jadi nebeng produksi sekalian, apalagi spesifikasinya sama dan harga cocok," ujarnya.

Menurut Satya, selain pertimbangan kesiapan memenuhi deadline, lalu harga yang cocok, sisi kredibilitas vendor yang sudah diakui dunia turut menjadi pertimbangan.

Hyundai Rotem adalah sebuah perusahaan Korea Selatan yang memproduksi rolling stock dan kereta. Perusahaan ini merupakan bagian dari Hyundai Motor Group

Projek terkenal hasil karya mereka termasuk K-Stock MTR dan kereta untuk angkutan cepat di Delhi. Selain itu, juga menyediakan kereta otomatis untuk Canada Line antara Vancouver dan Richmond di British Columbia, Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LRT
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top