Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uber Siap Kerjasama dengan Taksi Lokal

Setelah melakukan kerjasama dengan Taksi Express, Uber Indonesia siap membuka kerjasama dengan perusahaan transportasi lain, khususnya perusahaan taksi lokal.
Taksi Uber/rudebaguette.com
Taksi Uber/rudebaguette.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah melakukan kerjasama dengan Taksi Express, Uber Indonesia siap membuka kerjasama dengan perusahaan transportasi lain, khususnya perusahaan taksi lokal.

John Colombo, Head of Public Policy and Government Affair Uber for Indonesia mengatakan pada akhir 2016 lalu, Uber sudah menggandeng PT Express Transindo Utama Tbk atau Taksi Express dalam melayani pelanggan yang ingin melakukan perjalanan dengan Uber X.

Meskipun demikian, John mengakui perjalanan UberX menggunakan armada taksi Express ini masih bersifat uji coba.

"Uber ini perusahaan aplikasi untuk orang dan pribadi yang punya mobil sendiri bergabung dengan koperasi untuk menyediakan layanan transportasi. Jadi kami tidak ada penolakan untuk kerjasama dengan taksi lokal," jelas John Colombo di kantor Uber, UOB Plaza, Rabu (1/2/2017).

Dia mengatakan Uber Indonesia selalu membuka peluang dengan koperasi manapun yang berbadan hukum legal untuk melakukan bisnis jasa transportasi.

"Di setiap kota kami menargetkan minimal bekerjasama dengan satu koperasi, tetapi tidak menutup kemungkinan Uber bekerjasama lebih dari satu, kita mau membuka peluang sebesar-besarnya," ungkap John.

Dian Safitri, Head of Communication Uber Indonesia mengatakan Uber memiliki syarat utama dari koperasi adalah memiliki pengemudi rental dan sudah mengantongi surat izin usaha, STNK, SIM, dan telah melakukan uji KIR.

Menurut Dian, kerjasama yang dilakukan oleh Express dan Uber berguna untuk membantu pengemudi mendapatkan pesanan. Dengan memasukkan Taksi Express ke dalam layanan UberX maka pelayanan bagi pemesan armada akan semakin cepat.

"Di luar negeri saja di AS karena tidak macet pemesan menunggu hanya dua menit, kalau disini lebih lama jadi kita upayakan bisa lebih cepat," ungkapnya.

Dian mengatakan kerjasama Express dan Uber ini tidak ada eksklusivitas. Maklum, sebelum bekerjasama dengan Uber, beberapa pengemudi Express sejak 2015 sudah menggunakan aplikasi GrabTaxi untuk memudahkan mendapat penumpang.

Bisnis mencatat akibat kerjasama tersebut, aaham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) sempat melonjak signifikan pada perdagangan saham 19 Desember lalu. Kerjasama antara PT Express Transindo Utama Tbk dengan Uber ternyata mendapat respons positif pelaku pasar.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Indonesia mengatakan aplikasi GrabTaxi sangat terbuka bagi pengemudi taksi manapun. Guna mengembangkan bisnis, Grab juga berinisiatif untuk bekerjasama dengan perusahaan taksi lokal.

"Kalau dari pihak kami, Grab, tidak ada eksklusivitas, pengemudi taksi bisa menggunakan aplikasi kami, juga aplikasi lain," jelas Ridzki.

Sebagai informasi, Grab Indonesia sudah bekerjasama dengan beberapa taksi lokal untuk memudahkan pemesanan. Misalnya, Bosowa Taksi di Makassar, dan Orange Taxi di Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper