Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Canon Targetkan Pangsa Pasar Printer Tembus 57%

PT Datascrip Business Solutions, distributor printer Canon menargetkan pangsa pasar printer inkjet bisa meningkat menjadi 57% pada 2017, meski tren pasar pencetakan diperkirakan hanya bertumbuh tipis.
Canon Pixma MG-5770/Ilustrasi-canon.com.ph
Canon Pixma MG-5770/Ilustrasi-canon.com.ph

Bisnis.com, JAKARTA—PT Datascrip Business Solutions, distributor printer Canon menargetkan pangsa pasar printer inkjet bisa meningkat menjadi 57% pada 2017, meski tren pasar pencetakan diperkirakan hanya bertumbuh tipis.

Marselinus Tjhai, Marketing Manager Consumer System Product PT Datascrip Business Solutions selaku distributor Canon, menargetkan penjualan printer berbasis tinta (inkjet)–sebagai tulang punggung produk printer Canon, lebih dari 1 juta unit pada 2017. Naik dari angka penjualan tahun sebelumnya yang hanya 970.000 unit.

Total pasar penjualan (market size) printer inkjet di Indonesia tercatat sekitar 1,7 juta unit dalam setahun, dan diperkirakan hanya akan bertumbuh tipis pada tahun ini. Dengan target penjualan tersebut, Canon berharap mampu menguasai pangsa pasar printer inkjet nasional.

Market share untuk Canon inkjet ditargetkan 57% tahun ini [2017] dari 2016 yang hanya 50%,”ujarnya di Jakarta, Kamis(19/1/2017).

Di sisi lain, Canon juga menargetkan penjualan printer laser mencapai 10.000 unit pada 2017, atau naik 7% dari total penjualan tahun sebelumnya yang sebanyak 7.800 unit.

Pihaknya juga berharap pangsa pasar penjualan printer laser yang baru dikembangkan oleh Canon 5 tahun terakhir itu bisa menjadi 10%, dari sebelumnya hanya 8% terhadap market size printer laser nasional yang tercatat 100.000 unit.

Terkait struktur keuangan, pendapatan Canon ditargetkan meningkat menjadi Rp625 miliar pada 2017, terdiri dari penjualan seluruh jenis printer inkjet senilai Rp600 miliar, dan penjualan printer laser Rp25 miliar.

Jumlah itu naik signifikan dari total pendapatan tahun sebelumnya. Pada 2016, Canon meraih nilai pendapatan dari printer inkjet Rp500 miliar lebih, sementara peinter laser hanya Rp20 miliar.

Monica Aryasetiawan, Division Manager of Canon Consumer System Product PT Datascrip, menambahkan tren penggunaan printer masih berlangsung pada 2017 sehingga potensi penjualan masih besar.

Menurut dia, pasar Asia memiliki karakter yang masih senang memegang dokumen, meski ada pula yang mengurangi kegiatan pencetakan, sehingga ukuran pasarnya masih bisa bertumbuh di level kecil.

Guna mencapai sejumlah target, Canon meluncurkan 10 model baru printer pada Januari 2017. Sebanyak tujuh model baru printer laser dan tiga model printer inkjet maxify. Ke depan, perseroan masih akan meluncurkan printer varian personal inkjet sepanjang tahun ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper