Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sertifikasi Halal, Kemenag DKI, BBPOM, & LPPOM MUI Jalin Kerja Sama

Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jakarta dan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menjalin kerja sama untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan dan produk yang baik dan halal bagi masyarakat Jakarta.
Bahan konsumsi yang baik dan halal merupakan kebutuhan seluruh manusia, bukan hanya bagi umat muslim. /Bisnis-Rachman
Bahan konsumsi yang baik dan halal merupakan kebutuhan seluruh manusia, bukan hanya bagi umat muslim. /Bisnis-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jakarta dan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menjalin kerja sama untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pangan dan produk halal bagi masyarakat Jakarta.

Kepala BBPOM Jakarta Dewi Prawitasari mengatakan pangan dan produk yang baik dan halal sangat penting bagi masyarkat. Sinergi ketiga pihak ini menjadi penting karena masing-masing bisa berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Menurut Dewi, sesuai kewenangannya, BBPOM Jakarta akan mengawal sisi thoyyibah (kualitas) suatu pangan atau produk, sementara LPPOM MUI yang akan menangani proses sertifikasi halalnya.

Di sisi lain,  Kanwil Kemenag DKI Jakarta, berperan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kategori Halal. "Inilah pentingnya dilakukan sinergi tiga lembaga," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/12/2016).

Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Abdurrahman  menuturkan  sertifikasi halal merupakan bentuk kehadiran negara untuk menjamin masyarakat mendapatkan pangan dan produk yang baik dan halal. Sertifikasi halal bukan hanya berguna bagi umat muslim, tapi juga bagi seluruh masyarakat apapun agamanya.

"Kanwil Kemenag DKI Jakarta siap untuk melakukan sosialisasi mengenai pentingnya pangan dan produk halal. Hal ini merupakan bentuk dari tanggung jawab Kanwil Kemenag DKI Jakarta untuk lebih dekat melayani umat," jelasnya.

Hal senada disampaikan Direktur LPPOM MUI Osmena Gunawan. Menurutnya, bahan konsumsi yang baik dan halal merupakan kebutuhan seluruh manusia, bukan hanya bagi umat muslim. Dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama ini, Osmena berharap proses sertifikasi halal di Jakarta semakin optimal.

"Dengan begitu, Jakarta sebagai ibu kota negara dapat menjadi halal destination city bagi warganya dan bagi turis lokal maupun mancanegara," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper