Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal Petikemas Surabaya Bantu Pendingin untuk Nelayan

PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) menghibahkan 2 unit reefer container dengan ukuran masing-masing 20 kaki bagi nelayan di Pantai Prigi, Desa Tasikmadu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) menghibahkan 2 unit reefer container dengan ukuran masing-masing 20 kaki bagi nelayan di Pantai Prigi, Desa Tasikmadu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Presiden Direktur TPS Dothy menjelaskan hibah tersebut adalah salah satu upaya untuk meningkatkan hasil produksi nelayan Pantai Prigi dan menjaga hasil tangkapan tetap segar sehingga memiliki harga jual yang kompetitif di pasar.

“Apalagi, secara demografi ribuan warga Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek mayoritas adalah nelayan tradisional dan selama ini pengawet ikan yang digunakan adalah pendingin es yang seringkali di bawah kapasitas produksi perikanan. Sebab, saat musim baik, dalam sehari para nelayan bisa menangkap 100 hingga 200 ton ikan layur, tuna, dan tongkol,” paparnya dalam siaran pers, Kamis (22/12/2016).

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak dalam sambutannya berpendapat hibah itu adalah salah satu bentuk sinergi dunia akademisi, usaha, dan pemerintah.

“Kalau bisa sinergi seperti ini, niscaya para nelayan bisa memiliki kehidupan yang lebih layak. Semoga tidak hanya sampai di sini. Ke depan kami bisa bersinergi lagi demi memajukan kehidupan masyarakat yang membutuhkan pada umumnya,” tutur Emil.

Tidak sekadar hibah, dari penggunaan containertersebut diharapkan masyarakat yang jauh dari kawasan industri bisa mengetahui fungsi dan kegunaan kontainer tidak hanya untuk mengirim barang, tapi untuk membawa barang-barang beku layaknya pendingin raksasa.

Adapun, kapasitas kontainer tersebut masing-masing 27,5 ton/meter kubik dengan titik beku -15 derajat celcius. Spesifikasi itu cukup untuk tempat pengawetan sementaran hasil nelayan yang belum terserap di pabrik pengolahan ikan sehingga harga bisa lebih stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper