Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelayanan Terpadu Satu Atap Untuk Buruh Migran Hadir di Entikong

Kementerian Ketenagakerjaan melakukan soft opening Lembaga Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) di Entikong, Kalimantan Barat. Hadirnya PTSA diharapkan mencegah pengiriman tenaga kerja nonprosedural ke luar negeri dan praktik perdagangan orang, khususnya ke wilayah Sarawak, Malaysia.

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Ketenagakerjaan melakukan soft opening Lembaga Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) di  Entikong,  Kalimantan Barat.  Hadirnya PTSA  diharapkan mencegah pengiriman tenaga kerja nonprosedural ke luar negeri dan praktik perdagangan orang, khususnya ke wilayah Sarawak, Malaysia.

"Peluncuran praresmi PTSA Entikong ini merupakan bentuk kehadiran negara terhadap rakyat Indonesia. Prinsipnya pengurusan segala bentuk perijinan harus mudah, murah, aman dan cepat. Semoga ini menjadi pelayanan ekslusif bagi TKI," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan Kesehatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Maruli A Hasoloan  dalam keterangan resmi, Selasa (20/12/2016)..

Saat ini telah rampung 98%, pada Januari diperkirakan siap beroperasi melayani masyarakat yang hendak bekerja di luar negeri.  PTSA Entikong juga terintegrasi juga dengan Balai Pelatihan Kerja, sehingga para calon TKI diharapkan bisa mendapatkan pelatihan keterampilan /kompetensi sebelum berangkat bekerja di luar negeri.

"Tenaga kerja yang berangkat bekerja ke luar negeri harus profesional dan mempunyai keahlian, mempunyai sertifikasi kompetensi. Sehingga tidak mendapatkan kesulitan di perantauan kelak," tambah Maruli.

LPTSA merupakan sinkronisasi stakeholder yang terkait dengan perekrutan dan pemberangkatan tenaga kerja ke luar negeri, diantaranya Dinas Tenaga Kerja, Imigrasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepolisian, Dinas Kesehatan dan BNP2TKI.

"Ketika launching saya harapkan sudah langsung berjalan. Karena ini lintas sektoral, saya harapkan bantuan dari rekan rekan imigrasi, kepolisian, lembaga pelatihan, dinas kesehatan dan BNP2TKI,"  tambahnya. 

LPTSA ini merupakan pelayanan terintegrasi yang pertama, perdana, terkait pelayanan pemberangkatan TKI ke luar negeri. Tahun depan rencananya akan diluncurkan 4 pelayanan serupa di Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Pinang, Provinsi NTT,  Kabupaten Kupang, dan kabupaten Sumba Barat Daya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper