Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trade Mall APG Raup Transaksi Rp50 Miliar

Agung Podomoro Group melalui program promosi Trade Mall atau TM Vaganza 2016 berhasil meraup transaksi Rp50 Miliar dari tujuh pusat perbelanjaan yang tersebar di Jakarta sejak Mei 2016.
Podomoro City Deli Medan. /agungpodomoro
Podomoro City Deli Medan. /agungpodomoro

Bisnis.com, JAKARTA – Agung Podomoro Group melalui program promosi Trade Mall atau TM Vaganza 2016 berhasil meraup transaksi Rp50 Miliar dari tujuh pusat perbelanjaan yang tersebar di Jakarta sejak Mei 2016.

AVP Marketing Trade Mall (TM) Agung Podomoro Group (APG) Ho Mely Surjani mengatakan transaksi tertulis itu hanya didapat dari data masuk melalui kupon undian belanja yang diberikan pada konsumen dengan minimal pembelian Rp100.000 dan minimal Rp1.000.000 khusus di Blok B Tanah Abang.

Menurutnya masih banyak masyarakat yang tidak memanfaatkan program ini, sehingga transaksi total keseluruhan dari tenan Trade Mall Vaganza tidak dapat dihitung secara pasti.

“Jadi ini yang dari kupon saja, kalau total transaksi belanja ada di setiap tenan masing-masing. Namun, yang pasti asumsi kita setiap tenan memiliki omset sekitar Rp1 miliar setiap bulannya, mengingat mereka adalah pedagang grosir yang besar dengan pelanggan yang pasti,” katanya saat ditemui di APL Tower, Jakarta, Senin (19/12).  

Mely menargetkan program promosi TM Vaganza yang akan berlangsung hingga Februari 2017 mendatang, dapat meningkatkan transaksi rerata Rp8 miliar setiap bulannya.

Dengan program ini, perusahaan berhasil meningkatkan jumlah pengunjung ke TM APG terlebih ketika Lebaran. Menurut Mely, umumnya mereka membeli busana muslim, batik dan peralatan sholat. Pengunjung pun mencapai 20.000 – 150.000 perhari dan terbanyak di Blok B Tanah Abang.

Mely mengatakan sejak Mei 2016, APG meluncurkan TM atau brand sinergi TM APG dan Agung Podomoro Land (APL) yang menaungi sepuluh pusat perbelanjaan. Kesepuluh TM tersebut, terdiri dari sembilan di Jakarta dan satu berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur.

APG membagi TM dalam tiga tema yakni mall umum seperti Mangga Dua Square, Plaza Balik Papan, Blok M Square, tetapi ada juga mall peralatan seperti LTC Glodok dan Harco Glodok, serta mall tren untuk Season City, Kalibata City, dan Thamrin City, serta tekstil untuk Blok B Tanah Abang.

“Konsep TM berbeda dengan mal. Konsep TM berupa kumpulan kios-kios milik pedagang yang umumnya UKM (Usaha Kecil Menengah) tetapidibuat dengan kenyamanan seperti mal, sedangkan mal lebih banyak menghadirkan tenant-tenant besar dengan brand-brand terkenal,” katanya.

Mely menambahkan program TM Vaganzamemiliki tujuan untuk mempromosikan sinergiperusahaan dengan memberikan apresiasi pada masyarakat yang berbelanja mulai 1 Mei 2016 – 22 Februari 2017.

Promosi ini berbentuk program undian belanja pada tujuh TM dengan berbagai hadiah, seperti satu mobil New Fortuner VRZ, delapan unit Toyota Agya, 10 Sepeda motor, 27 peralatan elektronik dan voucher belanja senilai Rp45 juta.

Program ini juga diharapkan meningkatkan okupasi ruang ritel di TM APG semakin tinggi dari saat ini yang mencapai rata-rata sekitar 80%. Jumlah pengunjung pun ini diharapkan semakin bertambah jika proyek Harco Glodok beroperasi tahun depan.

Mely menambahkan perusahaan akan mulai mengoperasikan Harco Glodok pada kuartal II/2017 mendatang. Dari 2.000 kios untuk usaha yang dipasarkan, saat ini perusahaan berhasil menjual 75% dengan harga mulai dari Rp500 juta – Rp2 miliar setiap unitnya.

“Tahun depan kami juga rencanakan akan membuka e-commerce TM yang akan dimulai dengan penjualan khusus elektrit, light, dan tools. Ke depan perusahaan mungkin akan merambah ke fesyen tetapi yang spesifik saja seperti batik atau busana muslim,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper