Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Targetkan Jalan Rusak Diperbaiki Awal 2017

Pemprov Sumatra Selatan memastikan seluruh jalan provinsi yang mengalami kerusakan termasuk akibat longsor akan diperbaiki mulai Januari 2017.
Perbaikan jalan rusak/Ilustrasi-Antara
Perbaikan jalan rusak/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemprov Sumatra Selatan memastikan seluruh jalan provinsi yang mengalami kerusakan termasuk akibat longsor akan diperbaiki mulai Januari 2017.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Sumsel Syamsul Bahri mengatakan terdapat 11 titik rawan longsor di Sumsel, salah satunya Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang baru-baru ini mengalami kondisi jalan putus akibat bencana itu.

"Sesuai dengan Instruksi Gubernur, pada awal Januari semua jalan provinsi dilakukan perbaikan dan pemeliharaan. Saat ini sudah dilakukan penyusunan draf dan persiapan lainnya," terangnya, Selasa (6/12/2016).

Syamsul mengatakan jika didapati kondisi yang mendesak di beberapa titik rawan tersebut, pihaknya telah mensiagakan alat berat dan akan dilakukan penarikan alat berat ke titik yang mendesak tersebut.

Menurutnya, di daerah rawan dan bahkan yang mengalami longsor sekalipun secara bertahap sudah dilakukan penanganan secara keseluruhan. Namun, secara permanen belum bisa terlaksana, karena berbagai kendala diantaranya terkait pendanaan atau anggaran.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan kejadian tanah longsor yang mengakibatkan jalan terputus kerap terjadi di beberapa daerah, salah satunya di Kabupaten OKU Selatan yang belum lama ini terjadi longsor di beberapa titik.

Menurut Ishak, Pemprov Sumsel terus berupaya menangani permasalahan itu baik melalui upaya jangka pendek dan upaya jangka panjang serta fokus pada titik yang dianggap rawan.

Salah satu kendala yang dihadapi, kata Ishak, dari sisi anggaran yang saat ini sedang di masa sulit.

Namun, pihaknya terus melakukan upaya bagaimana caranya mengatasi permasalahan ini dengan upaya pencegahan hingga melakukan penanganan khusus di titik yang dianggap rawan.

"Kalau terjadi longsor harus dilakukan penanganan khusus, jangan sampai jalan tersebut tidak bisa dilalui, apalagi ini sudah memasuki tahun baru, tentu aktivitas masyarakat akan meningkat," tegasnya.

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo B. Commerce mengatakan selain mengakibatkan jalan putus, bencana alam ini juga menelan satu orang korban jiwa yang tertimbun tanah longsor.

"Langkah yang kami lakukan saat terjadi longsor yakni pembukaan jalan menggunakan alat berat, salah satu kejadian longsor menelan korban jiwa dan jenazah korban sudah diefakuasi," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper