Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilih, Tinggal di Bandung atau Bali?

Bagi mereka yang ingin berburu properti di luar Jakarta, selain harga tentu ada banyak faktor yang perlu diperhatikan salah satunya adalah tingkat keamanan.
Alun-alun Kota Bandung/pkskotabandung.com
Alun-alun Kota Bandung/pkskotabandung.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi mereka yang ingin berburu properti di luar Jakarta, selain harga tentu ada banyak faktor yang perlu diperhatikan salah satunya adalah tingkat keamanan.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang bingung untuk memilih tinggal di Bandung atau Bali, mungkin hal di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan. 

Berdasarkan harsil survei, Bandung telah menjadi tempat yang lebih aman dibanding dengan Bali. Skor kriminalitas Bandung sebesar 45.59 sedangkan Bali sebesar 50.89.

Selain itu, skor Bali juga lebih tinggi dalam hal peningkatan kejahatan dalam 3 tahun terakhir, meski perbedaan skor dengan Bandung tidak terlalu jauh yaitu 61,75 vs 68,52.

Kekhawatiran tentang pembobolan dan pencurian rumah tetap ada di kedua area tersebut. Namun anehnya, tingkat kekhawatiran akan kejahatan properti seperti perusakan dan pencurian jauh lebih besar di Bandung daripada Bali.

Bandung memiliki skor 60,94 dan Bali senilai 50. Sangat penting bagi pemerintah agar membuat langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan di suatu lingkungan dengan menyediakan lampu jalan yang lebih baik, waktu respon darurat yang lebih cepaat, dan lebih banyak lagi patroli polisi.

“Membandingkan Bandung dan Bali sama saja seperti membandingkan apel dengan jeruk. Karena keduanya memiliki keadaan serta situasi lingkungan yang berbeda,” ujar Mart Polman managing director Lamudi Indonesia Dalam rilis yang diterima Bisnis, Sabtu (3/12/2016).

Korupsi masih tetap menjadi perhatian yang tinggi untuk kedua wilayah tersebut dengan skor sebesar 75%. Transparansi pemerintah dan para intelek perlu ditingkatkan jika ingin masyarakat mengurangi tingkat sinisme mereka terhadap praktik-praktik pemerintah.

Tinggal di Bali juga dinilai lebih mahal. Harga properti untuk rasio pendapatan adalah 28:46 dibandingkan dengan Bandung yang sebesar 23:43. Mendapatkan pinjaman rumah juga lebih sulit didapat di Bali dan hipotek untuk rasio pendapatan sebesar 344%, jauh lebih tinggi dari Bandung yang hanya 284%. Harga rata-rata untuk membeli sebuah apartemen di pusat kota di Bali adalah Rp 19.000.000 per meter persegi, sedangkan di Bandung lebih tinggi 18% yaitu Rp 22.500.000.

Jadi, pilih tinggal di mana? Bandung atau Bali?

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper