Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Dukung Produk Tekstil Riau Go International

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk sebagai bank yang terdepan membiayai UMKM mendukung produk industri tekstil Riau Go International.
Songket koleksi
Songket koleksi

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk sebagai bank yang terdepan membiayai UMKM mendukung produk industri tekstil Riau Go International.

Direktur Operasional BRI Zulhelfi Abidin mengatakan beberapa produk tekstil seperti kain adat sarung songket berpotensi dijual ke pasar internasional karena memiliki motif yang unik.

"Industri tekstil setiap daerah pinya keunikan. Industri tekstil di Riau juga memiliki potensi untuk di jual ke luar negeri," katanya, saat berada di Pekanbaru, Rabu (30/11/2016).

BRI menilai perkembangan industri UMKM di bidang tekstil di Riau terlihat membaik. Karena hal ini juga sejalan dengan program pemerintah setempat yang tengah fokus mengembangkan pariwisata.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan songket merupakan kain khas tradisional Riau. Songket selalu digunakan saat acara-acara seremonial di daerah The Homeland of Melayu itu.

"Pemerintah Provinsi Riau tengah memperkenalkan Riau ke dunia internasional, memancing wisatawan dan investor. Songket adalah salah satu simbol yang khas," katanya.

Pemerintah daerah melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah tengah membina perajin dari kalangan penyandang disabilitas untuk menenun songket. Perajin ini diharapkan menjadi perajin yang mampu mendukung industri tekstil daerah.

Zulhelfi dan Andi Rachman melihat langsung bagaimana proses pembuatan songket di Dewanan Kerajinan Nasional Daerah itu. Songket ditenun dari ratusan helai benang, ditenun menggunakan alat tenun tradisional yang sama persis pada zaman kerajaan dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper