Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk Daftar PSN Tak Rampung Tahun Ini, Progres Tol Probowangi Tahap 1 Capai 35,84%

Hingga April 2024, progres konstruksi pembangunan tahap I Jalan Tol Probolinggo—Banyuwangi mencapai 35,84%.
Jalan Tol Pasuruan—Probolinggo di Jawa Timur, yang akan terhubung dengan Tol Probolinggo—Banyuwangi. / Dok. Kementerian PUPR
Jalan Tol Pasuruan—Probolinggo di Jawa Timur, yang akan terhubung dengan Tol Probolinggo—Banyuwangi. / Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) melalui entitas usahanya yakni PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi membagikan progres proyek strategis nasional (PSN) Tol Probolinggo—Banyuwangi alias Probowangi yang tidak rampung tahun ini.

Direktur Utama PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi, Adi Prasetyanto menjelaskan progres konstruksi pembangunan tahap I Jalan Tol Probowangi mencapai 35,84% hingga akhir April 2024. 

Sementara itu, pada periode yang sama progres pembebasan lahan pada proyek Tol Probowangi tahap I dilaporkan telah mencapai 97,01%.

Adi menekankan bahwa jika pembebasan lahan sesuai dengan target, maka pengerjaan konstruksi untuk pembangunan Tahap I Jalan Tol Probolinggo—Banyuwangi Ruas Probolinggo—Besuki ditargetkan dapat selesai pada November 2024.

"Sesuai dengan Permenko Perekonomian No. 9 Tahun 2022, pembebasan lahan dan pembangunan Jalan Tol Probolinggo—Banyuwangi difokuskan pada ruas Probolinggo—Besuki," jelas Adi dalam keterangan resmi, Kamis (16/5/2024).

Secara keseluruhan, Jalan Tol Probolinggo—Banyuwangi memiliki total panjang mencapai 175,78 kilometer (km). Ruas ini terbagi menjadi dua Tahap Pembangunan. Tahap I yang menghubungkan Probolinggo—Besuki sepanjang 49,68 km, dan Tahap II menghubungkan Besuki—Banyuwangi sepanjang 126,10 km.

Adapun, pembangunan Tahap I Tol Probowangi terdiri dari 3 paket pekerjaan. Perinciannya yaitu Paket 1 (Gending—Kraksaan), Paket 2 (Kraksaan—Paiton), hingga Paket 3 (Paiton—Besuki).

Pembangunan Tahap I Probolinggo—Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki. Selain itu juga akan memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton dan SS Besuki serta dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+700 di kedua arah, arah Probolinggo maupun arah Besuki.

Sebagai informasi, Jalan Tol Probolinggo—Banyuwangi terbagi atas tujuh seksi, yaitu Seksi 1 Gending—Kraksaan (12,88 km), Seksi 2 Kraksaan—Paiton (11,20 km), Seksi 3 Paiton—Besuki (25,60 km), Seksi 4 Besuki—Situbondo (42,30 km), Seksi 5 Situbondo—Asembagus (16,76 km), Seksi 6 Asembagus—Bajulmati (37,45 km), dan Seksi 7 Bajulmati—Ketapang (29,59 km).

PSN Jalan Tol Probolinggo—Banyuwangi dikelola oleh PT JPB selaku Badan Usaha Jalan Tol yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebesar 94,93%, PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 5,00%, dan PT Waskita Toll Road sebesar 0,07%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper