Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANTUAN PEMERINTAH: 2.738 Alat Tangkap Ikan Didistribusikan ke Koperasi Nelayan

Kementerian Kelautan dan Perikanan mendistribusikan 2.738 bantuan alat penangkapan ikan tahap I kepada 170 koperasi di 85 kabupaten/kota. Bantuan itu merupakan salah satu program prioritas KKP untuk meningkatkan produktivitas nelayan.
Ilustrasi-Perikanan/Antara-Ampelsa
Ilustrasi-Perikanan/Antara-Ampelsa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan mendistribusikan 2.738 bantuan alat penangkapan ikan tahap I kepada 170 koperasi di 85 kabupaten/kota. Bantuan itu merupakan salah satu program prioritas KKP untuk meningkatkan produktivitas nelayan.

Jenis alat tangkap yang diserahkan beragam. Dari 40 jenis spesifikasi, sembilan jenis disesuaikan dengan ketentuan potensi sumber daya ikan dan ramah lingkungan, seperti pancing (tonda, pole and linehand line), gillnet (dasar dan permukaan tengah), bubu, dan rawai dasar.

Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan KKP Minhadi Noer Sjamsu mengemukakan distribusi bantuan alat penangkapan ikan dibagi menjadi beberapa tahap untuk menyesuaikan dengan kemampuan perusahaan penyedia alat penangkapan ikan.

KKP sebelumnya menyampaikan rencana pembagian 8.000 paket bantuan alat tangkap ikan tahun ini. “Tahap berikutnya akan kami kejar hingga pertengahan Desember. Sekitar kurang lebih 2.136 paket alat penangkapan ikan akan segera kami distribusikan kembali,” tuturnya, Senin (21/11/2016).

Minhadi meyakini proses pembelian dan distribusi bantuan alat penangkapan ikan  berjalan sesuai rencana. Institusinya juga telah mendistribusikan 54 paket alat penangkapan ikan untuk daerah perbatasan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, dan 33 paket pengganti cantrang untuk Kabupaten Demak, Pati, dan Jepara.

Seperti diketahui, pemerintah memberikan bantuan pengganti alat tangkap cantrang hanya untuk nelayan dengan kapal berukuran di bawah 10 gros ton. Kini, Direktoratnya tengah melakukan percepatan usulan bantuan alat penangkapan ikan di 15 lokasi sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT) sebanyak 1.513 yang terdiri atas 64 koperasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper