Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Kapal Pesiar Bahama Sandar Perdana di Pelabuhan Tanjung Wangi

Untuk pertama kali dalam sejarah, kapal pesiar MS. Silver Discover sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur.nn
Kapal pesiar MS. Silver Discover. /static.silversea.com
Kapal pesiar MS. Silver Discover. /static.silversea.com

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk pertama kali dalam sejarah, kapal pesiar MS. Silver Discover sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kapal berbendera Bahama dengan panjang 102 meter berhasil sandar pada hari Kamis (20/10/2016) pukul 06.00 pagi.

“MS. Silver Discover merupakan kapal perdana yang sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, kapal ini membawa sedikitnya 81 wisatawan asing dari berbagai negara dan 150 kru kapal,” ujar General Manager  Pelindo III Tanjung Wangi, Bangun Swastanto, dalam siaran pers.

Bangun Swastanto kembali menjelaskan bahwa Pelabuhan Tanjung Wangi memiliki fasilitas dermaga sepanjang 543 meter dengan kedalaman mencapai -12 s.d -14 Meter Low Water Spring (MLWS).

Adapun, dermaga yang disandari kapal pesiar tersebut  telah memenuhi persyaratan keamanan internasional, yaitu dengan comply International Ship and Port Facility Security (ISPS Code), sehingga semua kapal internasional dapat langsung sandar.

Tarian daerah dan alunan lagu gamelan khas Banyuwangi menyambut para penumpang kapal cruise ketika mereka turun untuk melanjutkan berwisata di Banyuwangi. 

Penyambutan para turis  dengan pertunjukan tari gandrung dan penari rodat  yang merupakan kesenian khas hadrah Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut, Bangun memberikan  kalungan bunga kepada kapten kapal yang menakhodai kapal MS. Silver Discover sebagai bentuk keramahtamahan dan ucapan selamat datang di Pelabuhan Tanjung Wangi.

Para wisatawan juga disuguhi aneka souvenir dan makanan kecil yang tersaji dalam beberapa stan yang diatur dengan menarik.

Penyambutan kapal pesiar ini dikemas dengan apik, pasalnya pelaksanaanya dilakukan melalui sinergi antara Pelindo III dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Tidak hanya tim kesenian yang memberikan sambutan selamat datang, namun Kepala Dinas Pariwisata Kota Banyuwangi juga turut hadir dalam penyambutan kapal pesiar perdana tersebut.

Bangun Swastanto kembali menjelaskan bahwa Pelindo III telah berkomitmen untuk  turut serta meningkatkan kunjungan wisatawan melalui kapal pesiar di Indonesia khususnya diwilayah Banyuwangi.

Tercatat sedikitnya 130 kapal pesiar telah  berkunjung pada pelabuhan di wilayah Pelindo III pada 2015.

Di Pelabuhan Banyuwangi, Pelindo III telah melaksanakan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk pengembangan wisata di Boom Marina Banyuwangi yang merupakan wilayah Pelindo III.

“Lokasi Wisata di Banyuwangi sangat menarik, ada beberapa tempat yang sudah terkenal di penjuru dunia, salah satunya Kawah Ijen yang memiliki keunggulan blue fier dan hanya ada di dua negara di dunia,” tambah Bangun.

“Selain wilayahnya unik, Pemerintah Banyuwangi bagus dalam manajemen promosi. Semangat inilah yang mendorong Pelindo III berinvestasi menyiapkan sarana prasarana fasilitas pariwisata dengan pengembangan Pelabuhan Boom menjadi Boom Marina Banyuwangi,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, Mohamad Yanuarto Bramuda mendukung penuh kegiatan kunjungan cruise di Banyuwangi. Menurutnya, kunjungan turis mancanegara ke Banyuwangi selama 2015, mencapai tak kurang dari 40.000 wisatawan.

“Kami optimis untuk 2016 ini turis mancanegara bisa mencapai 50.000 wisatawan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper