Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elektrifikasi Cilacap Ditingkatkan

PT Sumber Segara Primadaya (S2P), selaku Independent Power Producer (IPP) yang mengelola PLTU Cilacap 2x300 Megawatt (MW) dan 1x660 MW berpartisipasi dalam program meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia, terutama di Cilacap.

Bisnis.com, SEMARANG–PT Sumber Segara Primadaya (S2P), selaku Independent Power Producer (IPP) yang mengelola PLTU Cilacap 2x300 Megawatt (MW) dan 1x660 MW berpartisipasi dalam program meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia, terutama di Cilacap.

Perusahaan itu saat ini ditunjuk kembali oleh PLN untuk membangun 1x1000 MW di Cilacap. Sebagai bentuk kepedulian perusahaan, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), S2P bekerja sama dengan PLN berinisiasi membantu 250 calon pelanggan keluarga pra-sejahtera untuk bisa menikmati energi listrik.

Dari 250 calon pelanggan tersebut, 63 pelanggan diantaranya akan menggunakan daya listrik 450 Volt Ampere (VA), 75 pelanggan menggunakan daya 900 VA, dan 112 pelanggan menggunakan daya 1300 VA. Untuk pelanggan daya 450 dan 900 VA merupakan pelanggan sesuai Basis Data Terpadu (BDT) TNP2K yang mendapatkan layanan tarif subsidi listrik.

“Penerima bantuan ini tersebar di lima kecamatan, yakni Cilacap Utara, Cilacap Tengah, Cilacap Selatan, Adipala dan Pesugihan,” ujar Direktur Utama S2P Mohamad Rasul dalam keterangan resminya, Selasa (18/10/2016).

Adapun alokasi pelanggan penyambungan baru itu ternyata memiliki total pengajuan dari calon pelanggan ke PLN Area Cilacap sebanyak 725 calon pelanggan.

Oleh karena itu, lanjutnya, bantuan itu merupakan program tahap pertama dan diupayakan akan ada tahap berikutnya. Acara penyalaan perdana berupa pengisian token listrik dilakukan secara simbolis di Pendopo Kabupaten Cilacap (18/10).

“S2P merasa terpanggil untuk berperan aktif meningkatkan rasio elektrifikasi, terutama di Kabupaten Cilacap. Kami menilai dengan adanya program sambungan listrik gratis ini, selain masyarakat dapat menikmati listrik, program ini juga dapat memeratakan pembangunan, meningkatkan arus informasi, meningkatkan kegiatan belajar dan kegiatan ekonomi di rumah serta meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujar Direktur Utama S2P Rasul.

Dalam program penyambungan listrik gratis ini, Rasul menegaskan bahwa perusahaan menjamin kualitas sambungan listrik tetap sesuai standar yang baik dan aman, sambungan ini dilengkapi dengan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

“Kami berharap perusahaan lain dapat bergerak untuk melaksanakan hal serupa,” terang Rasul.

Dalam kesempatan tersebut, Nasri Sebayang menyampaikan ungkapan selamat kepada para masyarakat penerima manfaat dan apresiasi terhadap S2P dan dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) dan seluruh jajaran institusi pemerintah dalam mewujudkan rasio elektrifikasi di Cilacap yang saat ini telah mencapai 92% dan target 100% di 2018.

"PLN sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan diharapkan kegiatan serupa dapat ditiru oleh IPP lain di Indonesia sehingga lebih banyak lagi masyarakat keluarga pra-sejahtera yg dapat menikmati listrik. Dengan adanya listrik dapat meningkatkan pendidikan dan memodernisasi masyarakat," tutur Nasri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper