Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Siap Jemput Bola Buka Pasar Baru di Luar Negeri

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia siap menjemput bola dengan membuka pasar baru bagi pemasaran berbagai jenis produk unggulan Tanah Air di luar negeri.

Bisnis.com, JAKARTA--Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia siap menjemput bola dengan membuka pasar baru bagi pemasaran berbagai jenis produk unggulan Tanah Air di luar negeri.

Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani mengatakan pembukaan pasar baru di Afrika, India, Korea Selatan, Mesir, Iran, dan Bangladesh selain memberikan manfaat nyata untuk jangka panjang, juga membuka potensi-potensi baru lainnya untuk dikembangkan.

“Kita melihat ini sebagai peluang jangka panjang. Jadi, rencananya harus jangka panjang. Dari segi pasar mungkin secara value belum besar, tapi kita sudah mulai masuk, terutama UMKM yang kita dorong. Kita jemput bola,” katanya, Rabu (12/10/2016).

Dia mengungkapkan hal tersebut usai mendampingi Presiden Joko Widodo pada pembukaan Indonesia Trade Expo 2016 di Jakarta International Expo (JI-Ex) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dia mengatakan, selain Afrika dan Asia, Kadin juga telah memperkuat kerja sama perdagangan dan investasi dengan negara-negara Amerika Latin, yang tergabung dalam Mesocur, sebuah blok subregional yang terdiri atas Argentina, Brasil, Paraguay, Uruguay, Venezuela, dan Bolivia.

“Sudah ada kesepakatan untuk mulai penjajakan dengan Kadin. Jadi mereka juga mengikutsertakan pimpinan organisasi perdagangan dan industri. Sudah ada kesepakatan dengan kita,” kata Rosan.

Rosan menyatakan telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Uruguay Affair Rodolfo Nin Novoa yang membahas tentang langkah-langkah konkret bagi peningkatan investasi di bidang bisnis sapi.

Uruguay merupakan salah satu pintu masuk produk unggulan Indonesia ke pasar Amerika Selatan, khususnya produk furnitur, kerajinan tangan, makanan dan minuman olahan serta consumer goods. Nilai perdagangan bilateral pada 2015 sebesar US$45,63 juta. Adapun pada periode Januari - Juli 2016 perdagangan antarnegara tercatat US$32,9 juta.

"Paraguay termasuk negara lima terbesar dalam bisnis sapi. Kita tida tahu kan? Kita tahunya Australia dan India. Ternyata Paraguay adalah nomor lima terbesar di dunia. Sebetulnya bukan hanya itu saja, kita juga banyak belajar mengenai clean energy dan renewable energy,” kata dia.

Di sisi lain, Rosan berharap pemerintah dapat memberikan insentif untuk ekspor UKM agar basis dari eksportir nasional makin banyak. “Jadi diversifikasi produk, barang, market, dan penambahan eksportir kita juga. Memang terobosan musti banyak dan harus kerja sama dengan pemerintah dari segi insentifnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper