Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Ahmad Yani Raih Penghargaan Pelayanan Prima, Ini Faktor Penilaiannya

Bandara lnternasional Ahmad Yani Semarang berhasil meraih gelar Prima Madya dalam penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Perhubungan Tahun 2016.

Bisnis.com, JAKARTA-- Bandara lnternasional Ahmad Yani Semarang berhasil meraih gelar Prima Madya dalam penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Perhubungan Tahun 2016.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Perhubungan Rl Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (19/9).

Selain Bandara Ahmad Yani, ada sembilan bandara-bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura l (Persero) yang meraih pernghargaan ini, yaitu kategori penghargaan Prima Utama diraih oleh Bandara I Gusti Ngurai Rai Bali, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara luanda Surabaya.

Sedangkan penghargaan Prima Madya diraih oleh Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara lnternasional Lombok, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sedangkan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin meraih penghargaan Prima Pratama.

“Saya yakin Bandara Ahmad Yani akan terus mempertahankan kualitas pelayanannya kepada publik ke arah yang lebih baik lagi, sehingga penghargaan akan terus didapatkan untuk menjadi bandara yang terbaik,” ujar Priyo Jatmiko, General Manager Bandara Ahmad Yani Semarang, dalam keterangan resminya, Selasa (4/10/2016).

Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Perhubungan itu merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Perhubungan.

Penilaian penghargaan ini dilakukan secara independen oleh tim penilai yang diketuai oleh Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Pelayanan Publik dan beranggotakan Wakil Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombudsman RI, akademisi, pengamat transportasi, dan jurnalis.

Pelaksanaan penilaian dilaksanakan pada Juni-Agustus 2016 berdasarkan sembilan kriteria penilaian, yaitu visi, misi, serta motto pelayanan, standar pelayanan, sistem mekanisme prosedur, sumber daya manusia, sarana-prasarana pelayanan, serta penanganan pengaduan.

Di samping juga berdasarkan survei kepuasan masyarakat, sistem informasi pelayanan publik, dan produktivitas dalam pencapaian target pelayanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper