Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permintaan Keramik Tumbuh Setelah Konsumsi Semen Naik

Perusahaan SCG Indonesia yang bergerak di bidang material bangunan antara lain produsen keramik PT Keramika Indonesia Asosiasi Tbk (KIAS)
Ilustrasi/Indogress
Ilustrasi/Indogress

Bisnis.com, JAKARTA – Permintaan keramik dan material bangunan lain akan tumbuh mengikuti kenaikan permintaan semen.

Investment Coordinating Manager, PT SCG Indonesia, Vikorn Phongsathorn, optimistis kinerja perusahaan SCG Indonesia yang bergerak di bidang material bangunan membaik pada beberapa bulan ke depan seiring dengan peningkatan konsumsi semen di Indonesia.

Data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) menunjukkan penjualan semen naik 8,7% dari 5,49 juta ton pada Agustus 2015 menjadi 5,97 juta ton pada Agustus 2016. 

Konsumsi sepanjang Agustus membuat penjualan semen tahun berjalan semakin mendekati target 5% yang ditetapkan ASI. Penjualan semen pada Januari—Agustus 2016 telah mencapai 39,07 juta ton, tumbuh 3,9%.

Phongsatorn menjelaskan permintaan atas material bangunan selain semen biasanya naik mengikuti pertumbuhan permintaan atas semen. Alasannya, pembangunan infrastruktur jalan selalu diikuti oleh pembangunan gedung dan perumahan.

“Setelah infrastruktur dasar, pasti akan diikuti oleh keramik. Kami melihat permintaan atas semen dalam beberapa bulan terakhir mulai pulih. Kami berharap segera diikuti oleh permintaan atas material bangunan lain,” kata Phongsathorn.

Perusahaan SCG Indonesia yang bergerak di bidang material bangunan antara lain produsen keramik PT Keramika Indonesia Asosiasi Tbk (KIAS) dengan kapasitas produksi keramik lantai/dinding sebanyak 21 juta meter per segi per tahun dan keramik atap 22 juta meter per segi per tahun.

SCGI Indonesia juga memiliki industri gipsum PT Siam-Indo Gypsum Industry dengan kapasitas produksi 20 juta meter per segi per tahun dan produsen PT TPC Indo Plastic and Chemicals yang memproduksi pipa PVC dengan kapasitas 120.000 ton per tahun. Perusahaan asal Thailand tersebut juga memiliki 30,57% saham produsen bahan baku plastik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper