Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendamping Desa Diminta Berdayakan Ekonomi Desa

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mendorong para pendamping lokal desa (PLD) dan pendamping desa (PD) untuk giat memberdayakan ekonomi masyarakat desa.
Suasana desa/Ilustrasi-Bisnis.com
Suasana desa/Ilustrasi-Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mendorong para pendamping lokal desa (PLD) dan pendamping desa (PD) untuk giat memberdayakan ekonomi masyarakat desa.

Menteri PDTT Eko Putro Sandjojo mengatakan pendamping lokal desa (PLD) dan pendamping desa (PD) harus mampu memfasilitasi warga desa untuk mempunyai satu produk unggulan (one village one product).

“Kami berharap para pendamping desa bisa mendorong desa dampingannya masing-masing untuk mempunyai satu produk unggulan. Jika hal itu terwujud perekonomian desa akan bergerak lebih cepat sehingga kesejahteraan warga juga bisa meningkat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (4/10/2016).

Eko menegaskan salah satu program utama dari Kemendesa PDTT adalah menciptkan kemandirian ekonomi perdesaan. Menurutnya kemandirian ekonomi dari masing-masing desa akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga desa.

“Kemandirian itu bisa terwujud jika masing-masing desa bisa memilih satu potensi desa mereka menjadi satu produk unggulan. Jika ini dilakukan maka produk unggulan ini akan digarap secara serius mulai dari tingkat produksi hingga pemasaran,” ujarnya.

Eko menuturkan pendamping desa mempunyai peran strategis dalam mendorong kemandirian desa. Pendamping desa bisa membangun kesadaran warga desa agar fokus terhadap potensi desa yang menjadi produk unggulan.

“Kami menaruh harapan besar bagi para pendamping desa sebagai ujung tombak kementerian untuk mendorong terwujudnya one village one product sehingga desa bisa mandiri secara ekonomi,” katanya.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kemendesa PDTT Taufiq Madjid mengatakan saat ini total pendamping dari TA, PD hingga PLD di seluruh Indonesia berjumlah 29.500 orang. Jumlah ini masih belum memenuhi tenaga pendamping yang mencapai 40.142 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper