Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkasa Pura I, KAI, dan Adhi Karya Akan Kembangkan Kereta Bandara di Solo

PT Angkasa Pura I (Persero) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) terkait kerja sama pengembangan kereta bandara di Bandara Adi Soemarmo Solo.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) terkait kerja sama pengembangan kereta bandara di Bandara Adi Soemarmo Solo.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Pelaksana Tugas Sementara (PTS) Direktur Utama Angkasa Pura I Polana B. Pramesti, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, dan Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto, serta disaksikan oleh Menteri BUMN RI Rini Soemarno di Bandung, Minggu (2/10).

"Nota kesepahaman ini merupakan landasan awal atas rencana kerja sama yang akan dilakukan oleh Angkasa Pura I dengan KAI dan Adhi Karya dalam rangka mewujudkan proyek pengembangan fasilitas kereta bandara di Bandara Adi Soemarmo Solo," papar Direktur Utama Angkasa Pura I Polana B. Pramesti dalam keterangan rilisnya, Minggu. Nota kesepahaman itu dimaksudkan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pengembangan transportasi berbasis rel dari dan menuju bandara.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini, imbuh Polana, adalah persiapan rencana proyek yang meliputi pembuatan rencana kerja, melakukan pengumpulan data teknis, hukum, dan ekonomi untuk penyusunan studi kelayakan (feasibility study), koordinasi dengan instansi atau otoritas berwenang, dan melakukan konsultasi dengan konsultan studi kelayakan.

"Studi kelayakan ini akan berlangsung selama satu tahun dan jika hasil studi kelayakan ini menyatakan proyek pengembangan kereta bandara ini layak secara bisnis maka akan ditindaklanjuti dengan pembentukan usaha patungan (joint venture company) Penyelenggara Sarana Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo yang dikelola secara terpadu (integrated management)," katanya yang merupakan Direktur Teknik Angkasa Pura I itu.

Polana menambahkan pengembangan kereta bandara merupakan bentuk keseriusan Angkasa Pura I untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara dan upaya mewujudkan pelayanan publik yang prima dan profesional. "Semoga ini menjadi tonggak sejarah baru dimana BUMN saling bekerja sama dan bersinergi," tambah Edi Sukmoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper