Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Rini Bawa Dirut BUMN Lihat Peluang di Skandinavia

Kementerian BUMN mengajak jajaran pimpinan perusahaan-perusahan pelat merah menjajaki peluang bisnis di negara-negara Skandinavia
Kementerian BUMN
Kementerian BUMN

Bisnis.com, COPENHAGEN- Kementerian BUMN mengajak jajaran pimpinan perusahaan-perusahan pelat merah menjajaki peluang bisnis di negara-negara Skandinavia. Negara-negara yang menjadi sasaran roadshow yaitu Norwegia, Swedia, Finlandia dan Denmark.

Saat ini Menteri Rini didampingi staf ahli Budi Gunawan Sadikin berada di Copenhagen bersama sejumlah pimpinan BUMN seperti Dirut BNI Achmad Baiquni, Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Dirut ASDP, Bharata, Pindad, PLN, dan lainnya. Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan kunjungan ke negara-negara Nordik merupakan aganda yang telah direncanakan sejak lama.

"Mereka memiliki teknologi, world ethics yang baik seperti transparansi dan good corporate governance yang saya harapkan bisa ditranfer ke perusahaan di Indonesia," kata Rini di Copenhagen, Minggu (18/9/2016). Rini menekankan PLN menjadi perusahaan yang sangat diharapkan memanfaatkan peluang kerja sama pemanfaatan energi baru terbarukan. PLN kemarin menandatangani kesepakatan dengan Watsila untuk pembangkit listrik.

Rencananya besok, PLN juga meneken kesepahaman dengan Vestas untuk pembangkit tenaga angin dan pembangunan windmill turbin di Jeneponto Sulsel. Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communication Pertamina mengatakan Dirut Pertamina Dwi Sucipto ikut dalam kunjungan ke Norwegia dan bertemu dengan Statoil. Di Norwegia, direksi PLN juga diketemukan dengan Stratkraft yang menguasai bisnis HydroPower.

Menteri Rini menginginkan BUMN Indonesia dapat memaksimalkan 60 bendungan di Tanah Air untuk irigasi dan pembangkit listrik. Selain itu, ada juga presentasi dari Salmar Fish Farm untuk mempelajari implementasi budi daya ikan.

Di Swedia, Menteri Rini juga mengajak Dirut Pindad Abraham Mose bertemu dengan Saab dan Bofors di untuk mencari peluang dalam hal teknologi dan peralatan militer. BUMN juga mendapatkan presentasi dari Sveaskog, perusahaan pengelola hutan industri di Swedia. Tak hanya itu, Fortum juga ikut membagikan pengalaman dalam pembangkit listrik dengan mengandalkan biomass.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper