Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS ONLINE: Kemenperin Jajaki Peluang Kerja Sama Dengan Alibaba dan Huawei

Kementerian Perindustrian tengah menjajaki kerja sama dengan e-commerce asal Cina guna meningkatkan kapabilitas IKM baik di pasar dalam maupun luar negeri
Alibaba.com./.Reuters
Alibaba.com./.Reuters

Bisnis.com , JAKARTA – Kementerian Perindustrian tengah menjajaki kerja sama dengan e-commerce asal Cina guna meningkatkan kapabilitas IKM baik di pasar dalam maupun luar negeri.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan institusinya telah menggandeng JETRO Jepang dalam penyusunan database industri kecil dan menengah (IKM) yang bermanfaat bagi promosi hasil produknya. Untuk memperkuat IKM dalam negeri, Kementerian Perindustrian juga tengah menjajaki peluang kerja sama dengan e-commerce asal China.

“Dalam kunjungan ke China kemarin, kami berbicara dengan Alibaba dan Huawei tentang peluang kerjasama di bidang tersebut,” katanya, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis.com, Jumat (16/9/2016).

Selain itu, Kementerian Perindustrian mendukung kebutuhan logistik untuk ekspor IKM serta memfasilitasi perusahaan startup domestik. Dia mengatakan pemerintah juga mendukung pembuatan arsitektur untuk platform asal luar negeri, termasuk dari Amerika Serikat, yang mendukung pengembangan IKM.

Airlangga menjelaskan, saat ini pemerintah Indonesia mendorong pertumbuhan IKM melalui dua cara. Pertama, memberikan bantuan dan dukungan akses pembiayaan.

Dukungan yang diberikan termasuk bantuan peningkatan kapasitas IKM sehingga mampu menghasilkan produk yang memenuhi standar kualitas industri dan SNI.

Senada dengan Airlangga, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan industri dalam negeri harus memanfaatkan momentum, mengingat besarnya peluang kerja sama kepada perusahaan besar asal Amerika Serikat untuk mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah di Indonesia. “Hasilnya akan win-win bagi perusahaan maupun IKM,” ujar Enggar.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong menilai hambatan bagi IKM yang sering terjadi akibat regulasi yang menyulitkan sehingga  deregulasi dan paket kebijakan ekonomi menjadi poin penguatan bagi IKM.

“Strategi mengembangkan IKM adalah dengan menjadikannya bagian dari ekonomi formal. Dukungan yang diperlukan IKM antara lain dalam bentuk pelatihan, fasilitasi akses pasar, serta promosi,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper