Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi China di Indonesia Tembus US$8 Miliar

Mayoritas investasi China mengalir ke sektor pertambangan, industri pengolahan mineral, dan tekstil.
Ilustrasi aktivitas pertambangan di Kalimantan Timur/Reuters-Zevanya Suryawan
Ilustrasi aktivitas pertambangan di Kalimantan Timur/Reuters-Zevanya Suryawan

Bisnis.com, JAKARTA - Komitmen investasi China di Indonesia sudah melebihi US$8 miliar pada semester I/2016, sebagian besar masuk ke sektor industri pengolahan mineral.

Tan Shufu, Konsul Ekonomi dan Perdagangan dari Perwakilan China untuk Asean, mengatakan Indonesia adalah mitra ekonomi utama China di Asean sekaligus tujuan investasi nomor dua terbesar di dunia.

Dia mengungkapkan komitmen investasi China di Indonesia sudah melebihi US$8 miliar pada semester I/2016 setelah mencapai US$22,68 miliar pada 2015.

Investasi China di Indonesia, menurutnya, akan semakin tumbuh sejalan dengan kebijakan perbaikan iklim investasi dan deregulasi yang dijalankan pemerintah Indonesia.

“Apalagi di akhir bulan lalu Presiden Jokowi menghadiri seminar investasi di China. Beliau mendorong investor China ke Indonesia dan mengatakan Indonesia adalah pilihan terbaik bagi investor China,” kata Tan, pada Kamis (8/9/2016).

Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional, Harjanto, mengatakan mayoritas investasi China mengalir ke sektor pertambangan, industri pengolahan mineral, dan tekstil.

Porsi terbesar masuk ke sektor penghiliran industri mineral di Indonesia antara lain pendirian klaster industri berbasis nikel di Morowali, Sulawesi Tengah.

“Kami sekarang mendorong mereka masuk ke pengolahan batu bara. Misalnya gasifikasi biar ada pembangunan nilai tambah buat batu bara Indonesia,” kata Harjanto.

Data BKPM menunjukkan realisasi investasi China sepanjang semester I/2016 mencapai US$1,01 miliar yang terdiri dari 519 proyek investasi. Realisasi tersebut sudah melebihi total realisasi investasi China pada 2015 yang senilai US$628,3 juta.

Beberapa realisasi investasi besar dari China di Indonesia adalah PT Sulawesi Mining Investment yang menanam yang mendirikan pabrik smelter nikel di Morowali, FT Virtue Dragon Nickel Industry di bidang pengolahan feronikel di Konawe, Sulawesi Tenggara dan pabrik semen Anhui Conch di Papua.

Beberapa realisasi investasi besar dari China di Indonesia adalah PT Sulawesi Mining Investment yang menanam yang mendirikan pabrik smelter nikel di Morowali, FT Virtue Dragon Nickel Industry di bidang pengolahan feronikel di Konawe, Sulawesi Tenggara, dan pabrik semen Anhui Conch di Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper