Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bakal Dihadiri Jusuf Kalla, Ini Agenda Pembukaan PATA Travel Mart 2016

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri acara welcome reception & opening ceremony PATA Travel Mart (PTM) 2016 yang akan berlangsung di Nusantara Room, Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Banten, malam ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri acara welcome reception & opening ceremony PATA Travel Mart (PTM) 2016 yang akan berlangsung di Nusantara Room, Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Banten, malam ini. 

Wapres akan memberikan sambutan sekaligus akan membuka secara resmi penyelenggaraan PTM 2016 yang akan berlangsung selama tiga hari pada 7-9 September 2016. 

Acara  welcome reception & opening ceremony pada hari pertama PTM 2016 didahului dengan laporan dari Ketua Pelaksanana PTM yang juga sebagai Chairman of PATA Indonesia Chapter S.D. Darmono serta sambutan Chairman PATA Andrew Jones.  

Selain itu ada juga sambutan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sekaligus sebagai welcome speech kepada para delegasi PATA. Diperkirakan ada sekitar seribu delegasi dari 60 negara hadir dalam PTM 2016. 

Agenda lainnya yakni penyerahan Monitoring Center Sustainable Tourism Observatory (STO) dari UNWTO oleh Arief Yahya kepada daerah tujuan wisata yang tersebar di tiga kabupaten yakni; Pangandaran (Jabar), Sleman (Yogyakarta), dan Lombok Barat (NTB). 

Selanjutnya digelar dengan penyerahan  penghargaan TripAdvisor Traveller’s Choice Awards dari TripAdvisor kepada Menpar Arief Yahya. 

Arief Yahya mengatakan, dengan dipercayakannya Indonesia kembali sebagai tuan rumah untuk PTM 2016, akan memberikan keuntungan baik langsung dan tidak langsung, bagi pariwisata nasional. 

“Selain meningkatkan kepercayaan dunia terhadap  Indonesia, khusus di bidang pariwisata, even ini juga menjadi ajang yang efektif untuk mempromosikan obyek dan daya tarik pariwisata baru yang ada di Tanah Air antara lain 10 destinasi prioritas yang akan menjadi ‘10 Bali Baru’ yakni Danau Toba (Sumut), Tanjung Kelayang (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Borobudur (Jateng), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulteng), Bromo Tengger Semeru (Jatim), Mandalika (NTB), Morotai (Malut),” ujarnya, Rabu (7/9/2016).

Manfaat lainnya, berupa dampak ekonomi langsung dari sekitar 1.000 orang delegasi yang  akan membelanjakan dollarnya untuk akomodasi, transportasi, maupun membeli souvernir.  

"Kehadiran delegasi PTM akan meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia yang akhir tahun ini mentargetkan sebanyak 12 juta wisman,” katanya. 

Even pameran dan bursa pariwisata tersebesar di kawasan Asia Pasifik tersebut bakal diikuti 262 buyers dari 56 negara, sellers (219 companies, 416 delegates dari 35 negara), dan media internasional (65 media dari 15 negara plus 12 bloggers). 

Rangkaian acara malam ini juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan musik dari Purwacaraka Light Orchestra dan artis penyanyi  Rossa, Elfa’s Singer, serta Batik Carnival Show. Acara ditutup dengan  memainkan angklung bersama para delegasi PATA.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper