Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suplai Kentang untuk Industri Meningkat

Pasokan kentang hasil petani dalam negeri atqu petani lokal untuk memenuhi kebutuhan industri semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Bisnis.com, GARUT - Pasokan kentang hasil petani dalam negeri atqu petani lokal untuk memenuhi kebutuhan industri semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Hal itu seiring semakin banyaknya petani yang membudidayakan kentang varietas Atlantik, lantaran jaminan hasil produksinya yang pasti terserap pasar industri.

"Dulu empat tahun lalu suplai lokal maksimum hanya 20%, sekarang porsinya sudah sekitar 50% : 50%," tutur Indrayana, General Manager Corporate Communications PT Indofood Sukses Makmur Tbk, di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (25/8).

Indrayana mengatakan hal tersebut seusai melakukan Panen Raya Kentang 2016 dengan sejumlah petani binaannya, yang dipusatkan di lahan pertanian milik Nandang Sopadin, Desa Cikadang, Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.

Pihaknya pun menjanjikan akan selalu menghadirkan kualitas bibit tanaman kentang yang terbaik guna menghasilkan kentang yang melimpah dan memenuhi standar kebutuhan industri.

Pasalnya, selama ini Indofood menjalin kemitraan bersama para petani Garut dengan menyediakan bibit kentang varietas Atlantik yang memang memenuhi standar industri.

"Kami senang sekali bisa saksikan langsung panen kentang di sini. Garut ini berikan kontribusi ke Indofood lebih dari 10%. Kami akan terus kembangkan dan ke depan bisa dikerjasamakan lahan dengan petani," ujarnya.

Sejak 2009, ada 270 petani dengan luas lahan sekitar 230 Ha yang bergabung dalam kemitraan ini.

Pihaknya juga memastikan akan terus memberikan penyuluhan, pembinaan dan pendampingan kepada petani agar kualitasnya semakin meningkat, yang otomatis berdampak pada meningkatnya kesejahteraan petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper