Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Suplai Kentang untuk Industri Meningkat

Pasokan kentang hasil petani dalam negeri atqu petani lokal untuk memenuhi kebutuhan industri semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 25 Agustus 2016  |  20:15 WIB

Bisnis.com, GARUT - Pasokan kentang hasil petani dalam negeri atqu petani lokal untuk memenuhi kebutuhan industri semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Hal itu seiring semakin banyaknya petani yang membudidayakan kentang varietas Atlantik, lantaran jaminan hasil produksinya yang pasti terserap pasar industri.

"Dulu empat tahun lalu suplai lokal maksimum hanya 20%, sekarang porsinya sudah sekitar 50% : 50%," tutur Indrayana, General Manager Corporate Communications PT Indofood Sukses Makmur Tbk, di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (25/8).

Indrayana mengatakan hal tersebut seusai melakukan Panen Raya Kentang 2016 dengan sejumlah petani binaannya, yang dipusatkan di lahan pertanian milik Nandang Sopadin, Desa Cikadang, Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.

Pihaknya pun menjanjikan akan selalu menghadirkan kualitas bibit tanaman kentang yang terbaik guna menghasilkan kentang yang melimpah dan memenuhi standar kebutuhan industri.

Pasalnya, selama ini Indofood menjalin kemitraan bersama para petani Garut dengan menyediakan bibit kentang varietas Atlantik yang memang memenuhi standar industri.

"Kami senang sekali bisa saksikan langsung panen kentang di sini. Garut ini berikan kontribusi ke Indofood lebih dari 10%. Kami akan terus kembangkan dan ke depan bisa dikerjasamakan lahan dengan petani," ujarnya.

Sejak 2009, ada 270 petani dengan luas lahan sekitar 230 Ha yang bergabung dalam kemitraan ini.

Pihaknya juga memastikan akan terus memberikan penyuluhan, pembinaan dan pendampingan kepada petani agar kualitasnya semakin meningkat, yang otomatis berdampak pada meningkatnya kesejahteraan petani.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kentang
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top