Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aptrindo & Bina Marga Tinjau Proyek Tol Pelabuhan Priok

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) dan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum meninjau langsung pengerjaan proyek pembangunan jalan tol section E2-Pelabuhan Tanjung Priok yang ditargetkan bisa beroperasi pada Maret 2017.

Bisnis.com, JAKARTA-- Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) dan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum meninjau langsung pengerjaan proyek pembangunan jalan tol section E2-Pelabuhan Tanjung Priok yang ditargetkan bisa beroperasi pada Maret 2017.

Peninjauan dilakukan Kabid Pelaksana II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Ditjen Bina Marga, Bambang Nurhadi dan Ketua Umum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan, pada Rabu (3-8-2016) itu, selain untuk memastikan target operasional akses tol penunjang kegiatan logistik dari dan ke pelabuhan Priok itu juga memastikan kekuatan struktur jalan tol tersebut.

Gemilang mengatakan, pengoperasian akses tol section E2 Tanjung Priok sangat dinantikan oleh pelaku usaha logistik khususnya para pengusaha angkutan barang dan peti kemas lantaran akses tersebut diyakini memperlancar arus delivery barang yang berimbas pada efisiensi logistik.

Dia mengatakan, dengan tersedianya akses tol langsung pelabuhan Priok tersebut diharapkan diimbangi dengan perbaikan pelayanan di terminal pelabuhan. “Jangan sampai nanti akses distribusinya sudah tersedia dan lancar namun layanan di pelabuhan justru tidak bisa mengimbanginya. Ini juga akan jad masalah,” ujarnya.

Bambang Nurhadi mengatakan pekerjaan konstruksi tol akses Pelabuhan Tanjung Priok itu diharapkan  selesai pada Januari 2017 dan mulai beroperasi Maret 2017. “Pekerjaan jalan tol yang belum selesai tinggal sepanjang 2,7 km lagi atau tinggal 20 %,” ujarnya.

Dia mengatakan, konstruksi jalan tol Tanjung Priok tersebut menggunakan pondasi ultimate design yang dirancang siap menerima beban 8-10 ton/ m2 dengan ketebalan flat 3,2 cm dengan masa pakai atau life time bisa sampai 50 tahun jika dilakukan perawatan sesuai standar.

“Akses tol ini untuk mendorong percepatan aktivitas logistik dari dan ke pelabuhan Priok,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper