Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ESDM Lelang Enam Wilayah Kerja Di Natuna

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang menyiapkan pelelangan enam wilayah kerja (WK) di Natuna, Kepulauan Riau untuk mengembangkan potensi minyak dan gas di kawasan tersebut.
Blok migas/Ilustrasi
Blok migas/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang menyiapkan pelelangan enam wilayah kerja (WK) di Natuna, Kepulauan Riau untuk mengembangkan potensi minyak dan gas di kawasan tersebut.

"Ada enam WK yang kita siapkan untuk dilelang. Tahun 2016 ada empat (WK), tahun 2017 ada dua (WK) sehingga ada enam WK baru di Kawasan Natuna," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja pada konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Wiratmaja mengatakan empat WK yang akan dilelang tahun ini adalah East Natuna, Bukit Barat, Dorang, dan Emas Putih, sedangkan dua WK yang akan dilelang tahun 2017 yaitu Durian dan South Tuna.

Ia menjelaskan pemerintah sudah menyiapkan sejumlah program terobosan untuk percepatan pengembangan Natuna, salah satunya memberikan pemberian insentif fiskal (fiscal term) kepada operator migas di kawasan tersebut.

"Beberapa WK yang sudah ada temuan perlu ada 'fiscal term' supaya ekonomis untuk dikembangkan. Untuk WK eksplorasi memerlukan tambahan waktu eksplorasi untuk melakukan pemboran," ujar Wiratmaja.

Untuk WK East Natuna, ESDM telah menugaskan Pertamina, ExxonMobil dan PTT EP sebagai konsorsium pemegang participating interest kawasan tersebut untuk mempercepat kajian teknologi dan pemasaran sehingga kontrak bagi hasil (production sharing contract) bisa diselesaikan akhir 2017.

Kawasan Natuna memiliki enam WK minyak dan gas yang melakukan eksploitasi, empat wilayah di antaranya sudah berproduksi.

Total produksi gas dari kawasan Natuna mencapai 490,3 MMSCFD dengan total produksi minyak dan kondensat sebesar 25.113 BOPD.

Sementara itu, total cadangan gas sebesar 4 TSCF dan total minyak dan kondensat sebanyak 201,401 MMSTB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper