Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Pastikan Bantuan Kapal Ikan Tepat Sasaran

Pemerintah memastikan bantuan sarana penangkapan ikan berupa kapal dan alat tangkap senilai Rp1,9 triliun tahun ini tepat sasaran.n
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memastikan bantuan sarana penangkapan ikan berupa kapal dan alat tangkap senilai Rp1,9 triliun tahun ini tepat sasaran.
 
Plt. Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Zulficar Mochtar mengatakan instansinya telah mengidentifikasi calon penerima bantuan sarana penangkapan ikan. Adapun daftar usulan, verifikasi, validasi, dan penetapan calon penerima bantuan akan dibahas lebih lanjut dalam Rakornas Bantuan Sarana Penangkapan Ikan 21-23 Juli. 
 
"Calon penerima bantuan sarana penangkapan ikan adalah kelompok masyarakat berbadan hukum koperasi atau kelompok masyarakat hukum adat yang memiliki unit usaha penangkapan ikan berbadan hukum koperasi. Oleh karena itu, Ditjen Perikanan Tangkap juga berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM," katanya, Kamis (21/7/2016). 
 
Daftar calon penerima bantuan itu akan dipublikasikan melalui website KKP dan Ditjen Perikanan Tangkap untuk mendapat respons dari berbagai pihak tentang kesesuaian calon penerima. 
 
Zulficar menyampaikan kapal perikanan yang nantinya diberikan kepada nelayan akan diasuransikan karena telah disertifikasi oleh Biro Klasifikasi Indonesia. 
 
Dia berharap bantuan tersebut dimanfaatkan oleh penerima untuk meningkatkan produktivitas penangkapan dan mutu hasil tangkapan sehingga pendapatan nelayan meningkat. 
 
"Selain itu, bantuan sarana penangkapan ikan ini juga diharapkan memperkuat armada perikanan tangkap nasional dengan kapal yang berkualitas dan bersertifikasi," ujarnya. 
 
Anggaran bantuan sarana penangkapan ikan senilai Rp1,9 triliun akan dikucurkan dalam bentuk 3.450 kapal dan 14.782 alat penangkap ikan, di luar bantuan premi asuransi senilai Rp250 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper