Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkasa Pura I Targetkan New Yogyakarta Beroperasi 2020

PT Angkasa Pura I memperkirakan pembangunan Bandara New Yogyakarta Kulon Progo Yogyakarta senilai Rp9,3 triliun akan dimulai tahun depan, dan beroperasi pada 2020 mendatang.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Angkasa Pura I memperkirakan pembangunan Bandara New Yogyakarta Kulon Progo Yogyakarta senilai Rp9,3 triliun akan dimulai tahun depan, dan beroperasi pada 2020 mendatang.
 
Direktur Keuangan dan Informasi PT Angkasa Pura I Novrihandri mengatakan tahapan pengembangan Bandara New Yogyakarta saat ini tengah dalam proses musyawarah, seiring rampungnya pengukuran ulang terhadap luas lahan untuk bandara.
 
“Sampai akhir Lebaran ini, mungkin di tahapan negosiasi. Estimasi sekarang, dari hasil appraisal itu nilai lahannya sekitar Rp4 triliun. Tentunya, saat ini, kami juga mulai menyiapkan dananya,” katanya di Jakarta, Senin (27/06).
 
Novrihandri menambahkan pembayaran lahan tersebut nantinya dilakukan pada Agustus 2016. Kemudian, BUMN itu akan mulai mempersiapkan gambar kerja detail (detail engineering design/DED), analisa dampak lingkungan dan lain sebagainya.
 
Tidak hanya itu, pengelola 13 bandara di Indonesia Timur itu juga berencana melakukan sinkronisasi kembali dengan pemda setempat terkait Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) dan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP)
 
“Kami harap pembangunan fisik dapat dimulai secepatnya karena bandara ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat. Tentunya, seluruh proses birokrasi dan aturan juga akan kami jalankan,” tuturnya.
 
Novrihandri menilai pangsa pasar pengguna jasa angkutan udara di Yogyakarta sebenarnya cukup besar. Hanya saja, kapasitas bandara yang ada saat ini, yakni Bandara Adisucipto Yogyakarta sangat terbatas, sehingga pelayanan menjadi tidak maksimal.
 
Tak hanya penumpang, sejumlah operator penerbangan juga kesulitan menambah frekuensi maupun rute baru dari dan ke Yogyakarta. Oleh karena itu, dia optimistis New Yogyakarta dapat menjadi ladang emas baru bagi perseroan ke depannya.
 
Seperti diketahui, New Yogyakarta nantinya akan berkapasitas 15 juta penumpang per tahun, atau menampung 41.000 penumpang per hari dengan pergerakan pesawat sekitar 300 penerbangan per hari.
 
Selain itu, New Yogyakarta akan memiliki landas pacu sepanjang 3600 meter, sehingga memungkinkan pesawat berbadan besar untuk mendarat dan lepas landas. Adapun, bandara tersebut akan menjadi bagian dari rencana pengembangan Airport City.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper