Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sumut Ingin Jalan Tol dari Medan Tembus Danau Toba

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menginginkan ada jalan bebas hambatan (tol) dari Medan ke Danau Toba.
Danau Toba/danautoba.org
Danau Toba/danautoba.org

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menginginkan ada jalan bebas hambatan (tol) dari Medan ke Danau Toba.

Gubernur Sumut Erry Nuradi menuturkan saat ini jalan tol Medan-Tebing Tinggi sudah dalam proses pembangunan. Dia berharap selanjutnya ada jalan tol Tebing Tinggi-Pematangsiantar.

Bila terealisasi maka berikutnya dibangun jalan tol dari Pematangsiantar ke Parapat, Simalungun. Parapat merupakan kota kecamatan yang terletak di tepi Danau Toba.

“Jalan tol Pematangsiantar-Parapat ini nanti mungkin ada masalah di pembebasan lahan karena harus tembus perbukitan,” katanya dalam acara Rapat Persiapan Kunjungan Wakil Presiden ke Danau Toba di Jakarta, Senin (20/6/2016).

Erry menyebutkan Sumut merupakan provinsi pertama di Sumatra yang memiliki jalan tol. Pada 1986, pemerintah pusat membangun jalan tol Medan-Belawan sepanjang 33 kilometer (km).

Saat ini kontraktor tengah mengebut penyelesaian dua pembangunan jalan tol. Selain Medan-Tebing Tinggi jalan tol lainnya adalah Medan-Binjai.

“Kalau keduanya selesai, jalan tol Sumut akan bertambah 85 km menjadi 120 km,” ujar mantan Bupati Serdang Bedagai ini.

Terkait pengembangan Danau Toba, Erry mengatakan pemerintah akan memperbaiki akses infrastruktur. Landasan pacu Bandara Silangit, Tapanuli Utara, misalnya akan diperpanjang.

PT Garuda Indonesia Tbk bahkan telah membuka rute penerbangan dari Jakarta ke Silangit. “Pemerintah juga akan membangun jalan lingkar luar dan lingkar dalam Danau Toba,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper