Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Klaim Lakukan Banyak Terobosan Tingkatkan Kualitas Raskin

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) mengaku terus melakukan banyak terobosan guna meningkatkan kualitas beras sejahtera (rastra), atau yang sebelumnya disebut beras miskin (raskin).
Raskin Bulog/Ilustrasi
Raskin Bulog/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) mengaku terus melakukan banyak terobosan guna meningkatkan kualitas beras sejahtera (rastra), atau yang sebelumnya disebut beras miskin (raskin).

Hal itu menanggapi kritikan wakil rakyat atas kualitas rastra yang kerap berkutu, berbau dan rusak.

"Masalah beras rusak itu bisa dimulai sejak datangnya beras. Bisa karena saat datang sudah rusak, bisa juga rusak di dalam gudang kami, atau mungkin rusak di titik-titik penyimpanan dalam alur distribusi," kata Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR RI di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Kendati demikian, lanjut Djarot, pihaknya telah melakukan berbagai upaya seperti membangun laboratorium mini di gudang utama Bulog hingga melibatkan pemeriksa kualitas independen untuk memeriksa kualitas beras.

"Selain ada pemeriksa independen, kami juga membentuk tim pengelola kualitas awal di mana mereka bertanggungjawab jika beras yang keluar gudang tidak memenuhi syarat kualitas," katanya.

Djarot menuturkan, saat ini pihaknya tengah mengimplementasikan sistem pengemasan ulang sebelum rastra disalurkan ke penerima sehingga bisa memastikan kualitas beras masih baik atau tidak.

"Jadi semua beras yang masuk itu ukuran 50 kg. Dalam satu-dua bulan rencana penyaluran akan ada 'repacking' (pengemasan ulang) ke kemasan 15 kg sesuai standar rastra. Ini memperkecil kemungkinan beras yang tidak memenuhi syarat keluar dari gudang kami," katanya.

Lebih lanjut, Djarot mengatakan pihaknya tidak menampik adanya kemungkinan beras berkualitas kurang baik yang diterima masyarakat. Namun, Bulog memberi waktu pelaporan 1x24 jam agar beras tersebut bisa diganti.

"Kami juga sudah melakukan uji coba di beberapa titik, untuk mencantumkan tanggal keluar gudang dan tanggal distribusi untuk menjaga kualitas beras," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper