Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Integrasi, Transaksi di Gerbang Tol Cikopo Ditiadakan

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) hari ini melakukan uji coba integrasi sistem pembayaran di Gerbang Tol Palimanan.
Sejumlah kendaraan antre memasuki gerbang tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Subang, Jawa Barat, Selasa (16/6). /Antara
Sejumlah kendaraan antre memasuki gerbang tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Subang, Jawa Barat, Selasa (16/6). /Antara

Bisnis.com, PALIMANAN - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) hari ini Senin (13/6/2016) melakukan uji coba integrasi sistem pembayaran di Gerbang Tol Palimanan.

Hal ini dilakukan berdasarkan surat dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) No. UM.01.11-P/08 tanggal 16 Februari  2016 dan No. PW.01.01-P/11 tanggal 13 Mei 2016.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan uji coba Integrasi sistem transaksi tersebut dilakukan dalam rangka memperlancar arus lalu lintas antarjalan tol, yaitu menghubungkan bukan hanya ruas Jakarta--Cikampek dengan Cikampek--Palimanan, tetapi juga ruas Cikampek--Purwakarta--Padalarang, Padalarang--Cileunyi, Palimanan--Kanci, Kanci--Pejagan, serta Pejagan--Pemalang.

Integrasi sistem transaksi pada ruas-ruas tersebut harus sudah diimplementasikan sebelum masa arus Mudik Lebaran 2016.

“Uji coba tanggal 13 Juni tidak dibatasi waktu. Apabila ada yang kurang, akan dilakukan evaluasi,” ujarnya di sela-sela uji coba, Senin (13/6/2016).

Herry mengatakan proses integrasi diharapkan mampu mengurai antrean kendaraan secara optimal karena dengan adanya integrasi tersebut, para pengendara hanya perlu melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol tujuan sehingga tidak perlu lagi bertransaksi di barrier gate atau gerbang pemisah, yaitu Gerbang Tol Cikopo, Gerbang Tol Plumbon, Gerbang Tol Ciperna dan Gerbang Tol Mertapada.

Gerbang tol pemisah adalah gerbang tol yang terdapat di antara dua ruas tol atau lebih yang memiliki pengelola yang berbeda, dalam hal ini misalnya ruas tol Jakarta--Cikampek yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Cikopo--Palimanan yang dikelola PT Lintas Marga Sedaya (LMS).

Integrasi ini  juga merupakan bagian dari cita-cita besar BPJT yang ingin menerapkan konsep ultiland free flow pada 2018. Sebelum ke arah sana, pihaknya memulai roadmaptersebut dengan menggalakkan pembayaran nontunai dan integrasi gerbang tol.

"Jadi ini bagian dari multiland freeflow sehingga pada waktunya nanti tidak ada lagi transaksi di gate, tinggal lewaat saja. Tahapan yang pertama ini kita mulai dengan cashless dan multibank," ujar Herry. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper