Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

aCommerce Indonesia Bangun In-house Fulfillment Center

aCommerce Indonesia telah menyelesaikan pembangunan Fulfillment Centre (FC) di Cawang, Jakarta Timur dengan luas 7.000 sqm.
aCommerce.4-FIN/e27.co
aCommerce.4-FIN/e27.co

Bisnis.com, JAKARTA - aCommerce Indonesia telah menyelesaikan pembangunan Fulfillment Centre (FC) di Cawang, Jakarta Timur, dengan luas 7.000 m2.

CEO aCommerce Indonesia Hadi Kuncoro menerangkan FC ini dilengkapi dengan conveyor belt yang mengefisiensi waktu pick-packing per order, storage mezzanine empat lantai yang luasnya setara dengan 17.000 m2 pada level ground space dan secara keseluruhan juga meningkatkan total kapasitas storage aCommerce Indonesia hingga 4 juta unit produk.

“Bisa dikatakan FC Cawang ini merupakan gudang ecommerce terbesar yang terletak di tengah kota Jakarta,” ungkapnya melalui siaran pers pada Minggu (5/6/2016).

Dia menambahkan pembangunan FC ini adalah bagian dari rencana ekspansi aCommerce Indonesia pada 2016. Sebelumnya, aCommerce Indonesia telah membuka dua hub baru di Bandung dan Surabaya di Februari. Hingga saat ini aCommerce Indonesia memiliki kapasitas total di level ground (total ground capacity) seluas 30.000 sqm dan semuanya berhasil dicapai dalam waktu dua tahun.

“Pembangunan FC Cawang ini diselesaikan dalam waktu tiga bulan untuk mengantisipasi tingginya permintaan dan order di bulan suci Ramadhan yang terhitung sebagai peak season,” ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, tujuan proyek ini adalah untuk membangun gudang yang sangat berorientasi pada teknologi (tech-oriented warehouse), di mana kualitas specs-nya secara spesifik dipilih untuk memenuhi kebutuhan industri retail dan fashion. Dalam perencanaan pembangunannya, aCommerce Indonesia melakukan simulasi besar space dan tenaga kerja yang dibutuhkan, serta memastikan FC ini memiliki layout fleksibel, mudah diekspansi serta desain yang juga dapat diduplikasi di kota-kota lainnya.

“Perencanaan pembangunan ini mencakup analisa flow operasional, desain layout, studi fluktuasi volume, analisa shift, process improvements, utilisasi space, dan product sizing. Fase solution design ini memakan waktu 1,5 bulan sebelum tim Project Implementation melakukan proses pembangunan,” ujarnya.

Pihaknya berharap pembangunan FC ini menjadi milestone baru bagi aCommerce sebagai leading end-to-end solutions provider untuk para pemain industri ecommerce di Asia Tenggara. Mezzanine 4-level ini akan mengoptimalkan ruang lantai dengan unitisasi ruang udara tanpa harus mengubah metode picking seperti yang sudah diterapkan di FC sebelumnya.

“Mezzanine ini diperkirakan dapat menampung 2,1 juta unit dalam keseluruhan 4-levelnya. Selain itu, aCommerce Indonesia juga memasang conveyor belt semi-otomatis dan lift konstruksi agar pemrosesan order menjadi lebih efisien,” terangnya.

Hingga kini, lanjutnya, aCommerce Indonesia dapat menangani 10-12ribu pengiriman outbound setiap harinya. Dengan penambahan FC Cawang, tim Operasional memproyeksikan outbound bisa meningkat tiga kali lipat hingga 35-36 ribu pengiriman dalam waktu operasional 24 jam/7 hari. Untuk menjalankan kegiatan operasional 24/7 di FC ini, aCommerce Indonesia merekrut 400 orang yang dibagi dalam 3 shift.

“Target kami aan menambah jumlah anggota tim aCommerce Indonesia menjadi lebih dari 800 orang dan diproyeksikan akan mencapai 1.000 karyawan pada akhir tahun ini,” tegasnya.

Pihaknya menjelaskan FC Cawang akan didedikasikan untuk produk fashion sedangkan FC Halim akan digunakan untuk kategori serba guna (multi user). Di saat yang sama, aCommerce Indonesia siap meresmikan ekspansi ke 15 kota lainnya pada Juli 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper