Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI FURNITUR: Integra Group Perbesar Pasar Domestik 30%

Produsen furnitur Integra Group tahun ini akan memperbesar pasar domestik hingga mencapai 30% sejalan dengan dibukanya show room pertama Thema Home di Surabaya.
Furnitur ruang tamu/Ilustrasi
Furnitur ruang tamu/Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA - Produsen furnitur Integra Group tahun ini akan memperbesar pasar domestik hingga mencapai 30% sejalan dengan dibukanya show room pertama Thema Home di Surabaya.

Direktur Utama Integra Group Halim Rusli mengatakan selama ini Integra bermain di pasar ekspor hingga mencapai 95% dengan negara tujuan di Eropa dan Amerika, sedangkan 5% untuk lokal.

Namun menurutnya saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membidik pasar nasional lantaran potensinya sangat besar.

"Dua tahun lalu kami sudah masuk pasar domestik melalui distributor baik di wilayah timur dan barat tetapi porsinya sangat kecil, lambat laun pasar ritel furnitur ini terus berkembang, makanya kami buka ritel di Surabaya," jelasnya di sela-sela Grand Opening Thema Home, Kamis (26/5/2016).

Dia mengatakan, alasan Integra membuka show room pertama di Indonesia di Surabaya karena Surabaya menjadi basis operasional Integra, apalagi produk furnitur dan aksesoris rumah yang ditawarkan merupakan buatan dalam negeri.

"Tingkat konsumtif Kota Jakarta memang lebih besar tetapi kami lebih memilih Surabaya yang ritelnya tidak kalah berkembang," katanya.

Meski mengawali bisnis furnitur di pasar ritel di Surabaya, kata Halim, tidak menutup kemungkinan Integra bakal membuka 4-5 gerai lagi di Indonesia. Hanya saja, saat ini Integra masih belajar dan mengamati pasar di beberapa kota.

"Kami sedang melakukan pembicaraan dengan agen di beberapa tempat, mungkin membuka 4-5 toko, tapi kami akan mengikuti dulu karena setiap daerah punya pasar yang berbeda," imbuh Halim.

Adapun show room pertama Thema Home yang berada di Jl. HR Muhammad Surabaya itu dibangun di atas lahan 4.000 m2. Dalam gerai tersebut ditawarkan kebutuhan furnitur untuk living room, dinning room, bed room dan commercial.

Selain memperbesar pasar dalam negeri, Integra melalui anak usahanya PT Woodone Integra Indonesia juga sedang menargetkan penjualan pintu dan kelengkapannya berbahan dasar kayu mencapai 15.000 pintu/bulan untuk di pasar dalam negeri, dan 5% di antaranya adalah target penjualan di wilayah Jawa Timur.

VP Director Woodone Integra Indonesia, Hiroyuki Kawado menambahkan produk kusen, lis pintu, plin lantai (skirting), dan wall panel tersebut selama ini telah diekspor ke Inggris, Irlandia, Skotlandia, Belgia, Belanda, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Somalia hingga Ethiopia. 

"Di pasar domestik kami kerap menangani proyek gedung-gedung hotel, apartemen, dan perumahan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper