Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri PANRB: Rekrutmen CPNS 2017 Diumumkan Agustus Ini. Lulusan Terbaik Diutamakan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menyatakan pengumuman rekrutmen terbuka untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun depan akan dilakukan pada Agustus 2016.nn
Ilustrasi: Pegawai Negeri Sipil/Antara
Ilustrasi: Pegawai Negeri Sipil/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menyatakan pengumuman rekrutmen terbuka untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun depan akan dilakukan pada Agustus 2016.

Dia mengatakan, pembukaan rekrutmen untuk PNS nanti akan diutamakan akan menerima lulusan terbaik dari perguruan tinggi ternama.

“Ya supaya mendapatkan lulusan yang bagus, yang jalur formasi khusus, misal yang cum laude. Tapi tahun ini belum diputuskan. Kalaupun nanti ada, open recruitment akan dilakukan prosesnya pada Agustus,” kata Yuddy di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (25/4/2016).

Dia menuturkan, untuk tahun ini masih ada penerimaan PNS, tapi khusus melalui jalur sekolah kedinasan. Kementerian PANRB mengestimasi, penambahan CPNS baru pada tahun ini hanya sekitar 11.000 dari kedinasan ditambah tenaga kesehatan 45.000 orang.

Dari 11.000 pegawai itu, paling besar adalah pegawai Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan yang diambil dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yakni sekitar 5.000 orang.

Sementara, ada 42.000 orang perawat yang masih menyandang status pegawai tidak tetap (PTT), 2.000 dokter dan 200 dokter gigi yang juga diangkat menjadi PNS.

Adapun, untuk tenaga pendidikan, pihaknya telah meminta kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan inventerisasi kebutuhan guru di daerah terpencil, terdepan pedalaman dan perbatasan.

“Program guru garis depan sudah diusulkan oleh Pak Mendikbud [Anies Baswedan], itu sekitar 3.000 guru garis depan, sarjana yang ditempatkan di garis depan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper