Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Percepat Pembangunan Kebun Raya, Gianyar Gandeng LIPI

Kabupaten Gianyar menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia guna mempercepat realisasi pembangunan kebun raya di Desa Pilan.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 18 Mei 2016  |  18:37 WIB
Kebun Raya Bali - Bisnis.com/Natalia Indah Kartikaningrum
Kebun Raya Bali - Bisnis.com/Natalia Indah Kartikaningrum

Bisnis.com, DENPASAR - Kabupaten Gianyar menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia guna mempercepat realisasi pembangunan kebun raya di Desa Pilan.

Lewat kerja sama ini diharapkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dapat melakukan penelitian dan pengembangan serta pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kebun Raya apabila kebun raya sudah terwujud.

Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata melalui pernyataan tertulisnya mengungkapkan penandatangan kerjasama dilakukan di Bogor bertepatan dengan‎ acara setahun menjelang dua abad Kebun Raya Bogor 1817-2017

"Kebun raya nanti diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelestarian lingkungan flora dan fauna, media edukasi dan pelestarian, destinasi wisata, daerah resapan air dan memberi dampak sosial dan ekonomi kepada masyarakat setempat," jelasnya, Rabu (18/5/2016).

Konsep kebun raya Gianyar akan dirancang tematik, dipadukan dengankeragaman flora yang ada di Hutan Pilan dengan aneka tumbuhan langka yang banyak digunakan untuk kepentingan upacara keagamaan oleh masyarakat Bali. ‎ Gianyar sudah menyiapkan lahan seluas 10 Ha, di Kawasan Hutan Adat Pilan Desa Kerta, Payangan.

Lokasi ini berada di Gianyar bagian utara, tepatnya di jalur Ubud-Kintamani. Daerah ini berbatasan dengan Kecamatan Kintamani, Bangli dan terkenal dengan kesejukannya serta penghasil jeruk.‎ Status lahan yang akan dijadikan kebun raya tersebut merupakan hutan adat yang dimiliki oleh Banjar Pilan Desa Kerta.

Bupati menuturkan keberadaan kebun raya di daerahnya bisa menjadi museum hidup bagi generasi selanjutnya tentang keragaman flora dan nilai-nilai budaya yang ada dan berkembang di Kabupaten Gianyar. Mantan Kepala Istana Presiden Tampak Siring‎ tersebut menekankan rencana membangun kebun raya sudah dipertimbangkan sejak lama.

Kepala BLH Gianyar Anak Agung Ari Brahmanta menjelaskan kerjasama dengan LIPI sebagai bentuk komitmen untuk menunjang keberadaan Kebun Raya Gianyar di Desa Kerta nantinya. Pihaknya mengharapkan Kebun Raya Gianyar akan menjadi sarana konservasi bagi flora yang ada di Kabupaten Gianyar, Bali dan Indonesia pada umumnya.

Dengan demikian, lanjut dia, wisatawan yang datang di kabupaten Gianyar akan memiliki alternatif wisata baru saat berkunjung ke Kabupaten Gianyar. Dia menegaskan dengan sudah ada nota kesepahaman bersama ini, diperkirakan pada tahun depan sudah bisa dilakukan soft opening Kebun Raya Gianyar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebun raya
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top