Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRIK PROPERTI: Bangun Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur, Bolehkah?

/ikea.com
/ikea.com

Aturan Desain Ideal

Pembangunan kamar mandi dalam kamar tidur hakekatnya fokus pada penyesuaian etika dan kenyamanan. Fungsi utama kamar tidur ialah sebagai tempat istirahat. Ketika dibangun kamar mandi, maka ruangan tersebut jadi memiliki dua fungsi.

Agar kedua fungsi tersebut optimal dan efisien, tentu ada aturan yang harus diperhatikan. Antara lain:

  • Kesesuaian Luas Kamar mandi dan Kamar Tidur

Hal utama sebelum membangun kamar mandi di dalam kamar tidur ialah mempertimbangkan luas ruangan. Bila luas kamar kurang dari 12 meter persegi, sebaiknya tak memaksakan pembangunan. Jika tidak, ruangan akan terasa sangat penuh dan sumpek.

Dari segi ukuran, maksimal kamar mandi memiliki luas sepertiga dan minimal seperempat dari total luas ruangan. Luas tersebut juga harus mempertimbangkan desain dan perabotan di dalamnya sesuai kebutuhan.

  • Posisi Kamar Mandi

Atur letak atau posisi kamar mandi di titik yang tepat, agar aktivitas dan kenyamanan tak terganggu. Tentu sangat mengganggu ketika bangun tidur yang dilihat pertama kali adalah kamar mandi. Jadi, sebaiknya tak meletakkan kamar mandi menghadap ke ranjang. Usahakn Anda tidur nyenyak di kamar tanpa melihat kamar mandi.

Letak kamar mandi juga jangan sampai mengganggu perabotan utama di kamar. Misalnya, meja rias dan lemari. Untuk pintu sangat direkomendasikan memakai pintu geser atau bukaan dalam. Ini untuk menghemat ruang dan menjaga privasi. Hindari memakai pintu berupa tirai.

Buatkan juga pembatas dan pembeda untuk lantai. Contohnya lantai kamar mandi lebih rendah dari kamar tidur. Atau memakai pembatas seperti tanggul kecil, agar air tidak meluber ke lantai kamar.

  • Saluran Air dan Ventilasi Udara

Untuk ventilasi yang baik, umumnya kamar mandi dilengkapi exhaust fan. Fungsinya menetralkan kelembapan dan pertukaran udara. Sedangkan untuk saluran air, perhatikan kelancaran agar tak sampai meluap. Jaga selalu kebersihan kamar mandi agar, nyaman, aman dan tidak mengganggu kesehatan.

Selain itu, sebaiknya tidak menggunakan bak mandi. Isi wajib di dalam kamar mandi  adalah shower, toilet dan wastafel. Bak mandi umumnya berisi air yang menggenang dan tanpa tutup. Sangat berpotensi ditempati jentik-jentik nyamuk.

Untuk desain, tergantung pada kebutuhan dan keinginan penghuni. Misalnya memakai material dinding kaca, kamar mandi dilengkapi koran untuk jadi ruang baca sekaligus, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Menurut Kepercayaan
Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Rumahku.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper