Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Phapros Menangi Tender E-Catalogue

PT Phapros Tbk. memenangi tender pengadaan obat untuk program BPJS Kesehatan (e-catalogue) yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).
Direktur PT Phapros Tbk Barokah Sri Utami (kedua kiri)/Bisnis.com- Muhammad Khamdi
Direktur PT Phapros Tbk Barokah Sri Utami (kedua kiri)/Bisnis.com- Muhammad Khamdi

Bisnis.com, SEMARANG - PT Phapros Tbk. memenangi tender pengadaan obat untuk program BPJS Kesehatan (e-catalogue) yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada awal April 2016.

Rincian dua paket e-catalogue, yakni obat generik dan obat nama dagang. Ada 36 obat generik dan dua obat nama dagang yang dimenangkan Phapros dengan total value mencapai Rp271 miliar.

“Total value yang besar inilah membuat Phapros berhasil menduduki peringkat pertama atau sekitar 13% dari keseluruhan nilai omzet yang ditawarkan e-catalogue yang mencapai lebih dari Rp2 triliun,” kata Barokah Sri Utami, Direktur Utama PT Phapros sesuai rapat umum pemegang saham (RUPS) di Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis (28/4).

Menurut perempuan yang akrab disapa Emmy dalam proses lelang terdapat 257 paket obat generik dan 175 paket obat nama dagang. Sebanyak 203 item obat generik dimenangkan oleh 39 provider, sedangkan 118 obat nama dagang dimenangkan oleh 41 provider.

Dia memaparkan pertumbuhan kinerja Phapros yang baik tak hanya terhenti hingga akhir 2015. Memasuki trimester pertama di 2016, Emmy mengklaim Phapros kembali menunjukkan performa gemilang.

Dia mengatakan kinerja perusahaan sampai dengan Maret 2016 menunjukkan pertumbuhan yang sangat baik. Bahkan, hingga sebelum hasil tender e-catalogue diumumkan oleh LKPP, Phapros berhasil tingkatkan 11,4% penjualan dari realisasi di periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan penjualan tersebut juga sejalan dengan laba bersih yang naik sebanyak 6,5% atau Rp6,7 miliar dari periode yang sama tahun lalu.

Pihaknya menargetkan hingga bulan Juni nanti atau pada semester I/2016, Phapros bisa lampaui total omzet tahun 2009, yakni sebesar Rp318 miliar atau tumbuh sebesar 5,3%.

“Kami optimistis jumlah tersebut bisa kami raih dalam waktu kurang dari 6 bulan ke depan. Harapannya, kami bisa memastikan agar suplai produk tetap baik dan terjaga, sehingga kami bisa memberikan yang terbaik untuk menyukseskan program BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Selain berhasil memenangkan tender e-catalogue, awal tahun ini perseroan juga mulai fokus ke bisnis alat kesehatan.

Pekan lalu, kata Emmy, Phapros telah meluncurkan produk implan khusus sendinya, Implancast, bertepatan dengan acara Indonesia Hip and Knee Society (IHKS) Scientific Meeting (Perkumpulan dokter bedah orthopedi Indonesia) di Belitung.

Tak hanya implancast, perseroan juga telah melakukan soft launching produk VP Shunt – alat untuk mengeluarkan cairan pada kepala penderita hidrosefalus di Surabaya. “Target pendapatan dari dua produk itu sekitar Rp25 miliar tahun ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper