Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong UKM Masuk e-Commerce, Kemenkop Gandeng Alibaba.com & Emporia

Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Alibaba.com dan Emporia Digital sebagai mitra untuk mendukung usaha kecil menengah, terutama yang berorientasi ekspor, memasuki pasar e-commerce agar semakin berkembang.
e-Commerce/Ilustrasi
e-Commerce/Ilustrasi

Marsya Nabila/131
30 Maret 2016

Dukung E-commerce Untuk UKM, Kemenkop Gandeng Alibaba.com dan Emporia Digital

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Alibaba.com dan Emporia Digital sebagai mitra untuk mendukung usaha kecil menengah, terutama yang berorientasi ekspor, memasuki pasar e-commerce agar semakin berkembang.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kemenkop (LLP-KUKM) Ahmad Zubadi mengatakan pihaknya terus mendorong pelaku usaha kecil dan menengah masuk ke digital ekonomi, dengan menggiringnya lewat kerjasama dengan market place dan portal dagang nasional dan internasional di Tanah Air.

"Kali ini kami menggandeng Alibaba.com sebagai mitra di ranah digital ekonomi," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (30/3/2016).

Geliat bisnis e-commerce di Indonesia terus melesat dalam lima tahun terakhir. Berdasarkan hasil riset Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Google Indonesia, dan perusahaan riset pasar terkemuka Taylor Nelson Sofres menunjukkan pada 2013 nilai pasar e-commerce Indonesia mencapai US$8 miliar (Rp94,5 triliun).

Kemudian, pada 2016 diprediksi naik tiga kali lipat mejadi US$25 miliar (Rp295 triliun). "Pasar e-commerce makin terbuka sehingga menjadi peluang pelaku usaha di Tanah Air masuk ke digital ekonomi."

Kesuksesan Alibaba.com, lanjutnya, dalam membangun bisnis UKM di China dengan mengadakan pendekatan yang komprehensif, nantinya bakal diaplikasikan pada penyediaan program pelatihan dan konsultasi bagi para pelaku UKM lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Marsya Nabila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper