Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PROYEK CILAMAYA: Proposal Skema Pinjaman Lunak Kemenhub Masih Dibahas

Pemerintah masih membahas proposal Kementerian Perhubungan yang mengusulkan skema pinjaman lunak dengan bunga 0,1% kepada Pemerintah Jepang untuk pembangunan pengganti Pelabuhan Cilamaya.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 15 Maret 2016  |  18:55 WIB
Kepala Bappenas Sofyan Djalil di Istana Kepresidenan Jakarta - JIBI/Akhirul Anwar
Kepala Bappenas Sofyan Djalil di Istana Kepresidenan Jakarta - JIBI/Akhirul Anwar
Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah masih membahas proposal Kementerian Perhubungan yang mengusulkan skema pinjaman lunak dengan bunga 0,1% kepada Pemerintah Jepang untuk pembangunan pengganti Pelabuhan Cilamaya.

Sofyan Djalil, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas mengatakan telah menerima proposal Kementerian Perhubungan, namun belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk menyetujui usulan itu.

“Usulan sudah ditujukan ke saya, tapi perlu dibicarakanlah,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (15/3/2016).

Dengan usulan tersebut, Sofyan mengatakan pemerintah diharapkan dapat membangun infrastruktur dasar sedangkan pihak swasta menjalankan operasional bisnisnya.

Padahal, sebelumnya pemerintah sempat menyatakan bahwa pembangunan tersebut diharapkan 100% dikerjakan oleh swasta atau tanpa APBN, termasuk skema utang.

Adapun, Sofyan tidak bisa memastikan kapan keputusan resmi pemerintah terkait pembangunan proyek ini, termasuk pengganti pelabuhan Cilamaya yang santer dikabarkan akan digeser ke Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Sebagai informasi, Pembangunan Pelabuhan Jawa Barat bagian Utara masuk dalam 30 proyek prioritas pemerintah yang akan mendapatkan pengawalan ekstra hingga 2019.

Ke- 30 proyek prioritas tersebut merupakan irisan dari 225 proyek startegis yang telah dipayungi landasan hukum melalui Peraturan Presiden No. 3/2016 dan Instruksi Presiden No. 1/2016 tentang Percepatan Proyek-Proyek Strategis Nasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan cilamaya
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top