Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Transaksi IFEX 2016 Ditargetkan US$1,35 Miliar

Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia menargetkan jumlah transaksi pada Indonesia Internasional Furniture Expo (IFEX) 2016 mencapai US$1,35 miliar.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia menargetkan jumlah transaksi pada Indonesia Internasional Furniture Expo (IFEX) 2016 mencapai US$1,35 miliar.

Jumlah tersebut terbagi dalam dua status, yakni transaksi on the spot senilai US$350 juta dan transaksi follow up senilai US$1 miliar. Optimisme ini berkaca dari nilai transaksi tahun lalu yang mencapai US$270 on the spot dan US$700 juta follow up.

Rudi Halim, Ketua Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI), mengatakan industri mebel dan kerajinan merupakan salah satu industri penghasil devisa negara. Pada tahun lalu nilai ekspor mebel mencapai US$1,9 miliar.

“Ekspor pada tahun lalu meningkat 1,3% dibandingkan 2014. Peluang meningkatkan pasar ekspor mebel dan kerajinan di dunia masih sangat besar, mengingat pasar mebel global saat ini mencapai US$141 miliar,” tuturnya, Jumat (11/3/2016).

Menurutnya, ekspor produk mebel Indonesia sudah tertinggal jauh dari Vietnam yang telah mencapai US$6,8 miliar. Ekspor Vietnam meningkat drastis setiap tahun seiring banyaknya investasi asal Taiwan dan China yang masuk ke negara tersebut.

Saat ini, lanjutnya, industri mebel dan kerajinan asal China diprediksi akan membanjiri Indonesia seiring dengan tingginya upah pekerja yang menggerus daya saing produk China. Oleh karena itu, pemerintah harus segera memfasilitasi investasi mebel asal China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper