Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geliat UKM Segmen Printing di Timur Bisa Dorong Pasar Mesin Cetak

Geliat usaha kecil menengah pada segmen industri kreatif berorientasi teknologi printing di wilayah timur diestimasi mampu ikut menopang performa penjualan mesin cetak pada tahun ini.
Mesin cetak koran/Ilustrasi-Bisnis
Mesin cetak koran/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Geliat usaha kecil menengah pada segmen industri kreatif berorientasi teknologi printing di wilayah timur diestimasi mampu ikut menopang performa penjualan mesin cetak pada tahun ini.

Kepala Cabang Astra Graphia Makassar, Suhardi, mengatakan segmen tersebut secara dinamis menunjukkan pertumbuhan dibandingkan dengan tren industri cetak pada beberapa segmen lainnya cenderung melemah.

Dia menjelaskan segmen industri kreatif skala UKM itu dinilai cukup potensial dalam menyerap produk mesin cetak karena tidak hanya memanfaatkannya dalam kegiatan produksi tetapi juga melakukan komersialisasi pada beberapa bisnis terkait lainnya.

"Industri kreatif ini yang kami sebetu sebagai segmen low, sangat membutuhkan teknologi mesin cetak agar ada efesiensi biaya maupun ongkos produksi. Segmen ini diperkirakan cukup signifikan dalam meningkatkan penjualan kami tahun ini," katanya kepada Bisnis, Kamis (25/2/2016).

Adapun nilai penjualan yang dipatok perseroan untuk wilayah timur pada tahun ini sebesar Rp100 miliar dengan mengandalkan poduk mesin cetak warna yang banyak dimanfaatkan industri kreatif digital.

Suhardi menjelaskan, khusus bisnis cetak cepat warna atau disebut qick print dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan perkembangan cukup pesat yang diikuti pula pertumbuhan industri kreatif digital secara signifikan terutama pada skala UKM.

Menurutnya, perkembangan segmen ini seiring dengan inovasi teknologi yang memungkinkan kegiatan printing lebih ringkas disesuaikan dengan kebutuhan serta berbeda jauh jika menggunakan offsett.

Adapain Astra Graphia melalui portofolio Astragraphia Document Solution merupakan distributor dari merek mesin cetak asal Jepang, Fuji Xerox. Kedua belah pihak telah bermitra selama 40 tahun. 

Seiring tuntutan zaman, Fuji Xerox pun mengembangkan “mesin cetak hijau” yang dimanifestasikan dengan fitur-fitur ramah lingkungan. "Untuk wilayah timur penjualan sudah menjangkau beberapa daerah, termasuk Maluku dan Papua. Meski pasar terbesar kami ada di Sulawesi, di Makassar paling besar," kata Suhardi.

Di sisi lain, tren pelemahan ekonomi di wilayah timur disertai dengan sejumlah regulasi pada beberapa sektor akan ikut mempengaruhi sektor turunan yang berimbas pada kinerja penjualan perseroan di timur.

Adapun sepanjang tahun lalu, performa Astra Graphia di wilayah timur bersumber dari dari penjualan produk yang terbagi pada empat segmen yakni office (perkantoran), produksi, printer serta general sevices.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper