Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenparekraf Cari UMKM Calon Penerima Penghargaan AKI, Ini Syarat Lengkapnya

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 akan digelar untuk tujuh subsektor ekonomi kreatif dari kuliner, film, hingga gim. Simak persyaratan dan cara daftarnya.
Perajin memproduksi batik dengan metode pewarnaan alami dan ramah lingkungan, di Tapos Depok, Jawa Barat, Kamis (10/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Perajin memproduksi batik dengan metode pewarnaan alami dan ramah lingkungan, di Tapos Depok, Jawa Barat, Kamis (10/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menghadirkan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) pada 2024 bagi para pelaku ekonomi kreatif.

Pada edisi keempatnya, program AKI akan diperkaya dengan inovasi dan penambahan subsektor ekonomi kreatif, termasuk subsektor gim. Dengan demikian, AKI 2024 akan melibatkan tujuh subsektor ekraf, yaitu kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, film, dan gim.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan pendaftaran dari 10.000 pelaku ekonomi kreatif, yang nantinya akan diseleksi untuk mendapatkan 360 peserta dari 12 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia.

Adapun, Kota Bekasi terpilih sebagai lokasi awal pelaksanaan AKI 2024, diikuti oleh Serang, Singkawang, Magelang, Blitar, Denpasar, Palu, Toba, Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo, dan Merauke. 

Periode pendaftaran AKI 2024 telah dibuka mulai 12 Februari 2024 hingga 31 Maret 2024. 

Berikut informasi dan syarat daftar AKI 2024 dari Kemenparekraf:

  • AKI 2024 terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 17 tahun, memiliki KTP dan NPWP, berdomisili di Indonesia.
  • Pendaftaran AKI 2024 tanpa biaya alias gratis.

  • Untuk subsektor kuliner, kriya, fesyen, dan aplikasi/gim, calon peserta harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan dan menyertakan surat keterangan usaha.

  • Untuk subsektor musik dan film, calon peserta harus memiliki karya orisinal terbaru (dalam 2 tahun terakhir), dengan ketentuan khusus seperti penyertaan video klip untuk musik dan afiliasi dengan rumah produksi untuk film, bukan individu.

  • Para kreator muda Indonesia yang memenuhi kriteria dapat mendaftar melalui tautan yang tersedia di akun Instagram @apresiasikreasiindonesia.

  • Setelah memilih subsektor yang sesuai dan mengisi formulir pendaftaran, seluruh calon peserta akan mengikuti proses kurasi pada 1—3 April 2024 oleh tim kurator profesional untuk menentukan peserta yang layak mengikuti tahapan selanjutnya.

Peserta yang terpilih berkesempatan menghadiri sesi Techmet dan Temu Sapa pada 4 April 2024 bersama dengan calon mentor. 

Selanjutnya, peserta terpilih akan mengikuti sesi bootcamp pada April hingga Mei 2024. Di puncak acara pada September 2024, mereka akan berkesempatan memamerkan produk dan karyanya dalam pameran pekan puncak AKI 2024.

Untuk mendapatkan informasi seputar AKI 2024 dapat mengakses akun Instagram @apresiasikreasiindonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper