Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEMENTERIAN TRANSMIGRASI: Beberkan Persentase Distribusi Dana Desa

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) membeberkan alokasi Dana Desa yang disalurkan selama tahun lalu
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) membeberkan alokasi Dana Desa yang disalurkan selama tahun lalu.

Menteri DPDTT Marwan Jafar menuturkan walaupun ada kendala, pengelolaan dana desa 2015 telah memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan desa. Ada untuk perbaikan infrastruktur, sarana dan prasarana dasar, peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan.

"Dana Desa sebesar 89% untuk pembangunan di desa, kemudian untuk belanja pemerintahan desa 6%, pembinaan kemasyarakatan 3%, dan belanja untuk pemberdayaan masyarakat sebesar 2%," ujar Marwan dalam rilis yang dikutip Bisnis.com, Selasa (23/2/2016).

Di bidang ekonomi, lanjut Marwan, Dana Desa telah berkontribusi pada peningkatan sarana dan prasarana ekonomi, yakni sarana dan prasarana produksi, pasar desa, perintisan BUMDesa, dan peningkatan modal masyarakat.

Dia menuturkan kontribusi Dana Desa terhadap Perintisan BUMDesa terjadi pada 28,7% jumlah desa. Sedangkan peningkatan sarana prasarana produksi terjadi di 6,7% desa, peningkatan kondisi pasar desa terjadi di 3,6% desa, dan peningkatan modal masyarakat terjadi di 7,7% desa.

"Data-data yang dikemukaan tersebut, menunjukkan bahwa desa yang ada di Indonesia sudah bisa mengelola dan menggunakan sumber daya keuangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper